Bagaimana Cara Kerja Rem Mekanik ?? Pada Kendaraan
Bagaimana Cara Kerja Rem Mekanik ?? Pada Kendaraan “Wajib Baca”
Cara Kerja Rem Mekanik – Dalam hal ini sistem rem memiliki fungsi untuk menurunkan kecepatan kendaraan secara efisien dan efektif agar tidak terjadi kecelakaan.
Bisa dibilang rem berperan sebagai “main active safety device” karena rem ini memang perangkat utama yang digunakan untuk mencegah kecelakaan secara aktif.
Kalau dilihat dari jenisnya, kita mengenal rem cakram, rem tromol, engine brake dan lainnya. Itu kalau lihat pada sub kategori jenis rem berdasarkan cara kerjanya tapi berdasarkan mekanisme penggerak rem maka ada tiga jenis sistem rem antara lain :
Rem mekanis
Rem hidrolik
Rem angin
Seperti namanya rasanya tidak perlu kita definisikan secara panjang apa perbedaan diantara ketiga jenis rem tersebut karena kalian sudah pasti paham ketika membaca namanya.
Pengertian Rem Mekanik
Rem mekanis adalah mekanisme penggerak rem yang menggunakan kawat kabel secara mekanik. Dikatakan mekanis karena untuk menghubungkan gerakan dari pedal rem/tuas rem ke aktuator rem digunakan sebuah kawat baja.
Kelebihan sistem rem mekanis adalah memiliki konstruksi yang simpel dan mudah dikostuminasi. Namun mekanisme ini sangat rewel apalagi kalau sudah berumur karena sifat logam “pada kawat baja” itu bisa memuai, sehingga dalam jangka waktu tertentu rem bisa tidak pakem.
Kondisi tersebut membuat sistem rem mekanis ini tidak dipakai pada mobil-mobil premium, mekanisme ini hanya dipakai sebagai mekanisme penggerak rem parkir pada mobil namun pada motor sistem rem mekanis ini masih banyak diterapkan pada rem belakang motor yang masih menggunakan tipe tromol.
Komponen Utama Sistem Rem Mekanik
Rem mekanis memiliki empat komponen utama yakni:
Tuas rem/pedal rem berfungsi sebagai inputan bagi pengemudi untuk mengaktifkan sistem rem.
Kawat kabel berfungsi menyalurkan tenaga dari pedal rem ke aktuator rem.
Brake lever merupakan tuas yang akan menggerakan aktuator rem saat brake lever ini tertarik oleh kawat kabel.
Return spring pegas berfungsi mengembalikan posisi pedal rem dan brake lever saat pedal rem berhenti ditekan.
Cara Kerja Rem Mekanik
Ketika pengemudi menginjak pedal rem maka seperti layaknya tuas, ujung pedal rem yang lain akan menarik sebuah kawat kabel. Kawat kabel ini terhubung ke brake lever yang terletak pada aktuator rem.
Brake lever itu tuas yang menggerakan sepatu rem pada rem tromol atau tuas yang menggerakan piston rem cakram agar menjepit piringan, intinya brake lever menjadi input untuk melaksanakan pengereman.
Saat kawat tertarik maka kawat akan menarik brake lever sehingga sistem rem akan aktif dan kendaraan bisa berhenti. Ketika pengemudi melepaskan injakan pedal rem
, maka ada return spring yang terletak pada aktuator rem dan pedal rem yang sama-sama mengembalikan posisi pedal rem keatas, akibatnya brake lever kembali terbebas dan sistem rem bisa release.
SOAL :
1. PERUBAHAN ENERGY APA YG TERJADI PADA REM MEKANIK ...?
2. BERIKAN 4 CONTOH KENDARAAN YG MENGGUNAKAN REM MEKANIK ...?
3. APA SAJA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN REM MEKANIK DI BANDINGKAN REM LAIN...?
4. APA FUNGSI UTAMA REM ...?


Nama:alif rizki saturahman
BalasHapusKelas:XI tbsm
1.energi kinetik dan bunyi
2.mobil dan motor
3.Rem sepeda motor mekanik merupakan jenis rem yang paling mudah dalam perawatannya dan murah. Kerusakan yang umum adalah pada kabel rem yang aus, namun masih bisa diperbaiki sendiri. Untuk setting komponen seperti brake pads pun juga tidak terlalu sulit.
Sedangkan kelemahannya tentu saja pada kemampuannya yang tak sebaik rem hidrolik. Terutama kala diajak ke trek berbatu yang terjal atau curam, kadang tangan akan kesulitan untuk menarik tuas rem mekanik. (FH)
4.Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. ... Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk: Mengurangi kecepatan kendaraan. Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.
1.perubahan energi kinetik menjadi energi kalor dan energi bunyi.
BalasHapus2.mobil,motor,bus,truk.
3.KELEBIHAN::Tidak mudah terkena kotoran dan debu,Sistem Rem yang mudah dan harganya yang murah,Mampu menahan beban Besar.
KEKURANGAN::
Rem tidak terlalu pakem,Pergantian Kampas reltif lebih lama dan rumit,,Tidak enak dipandang
4.suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda.
Mama::Aldo Oktaviano
BalasHapusNama: Firmansyah
Kelas: XI TBSM
Asal sekolah: Smk SetiaGama
1.energi kinetik dan bunyi
2.mobil dan motor
3.Rem sepeda motor mekanik merupakan jenis rem yang paling mudah dalam perawatannya dan murah. Kerusakan yang umum adalah pada kabel rem yang aus, namun masih bisa diperbaiki sendiri. Untuk setting komponen seperti brake pads pun juga tidak terlalu sulit.
Sedangkan kelemahannya tentu saja pada kemampuannya yang tak sebaik rem hidrolik. Terutama kala diajak ke trek berbatu yang terjal atau curam, kadang tangan akan kesulitan untuk menarik tuas rem mekanik. (FH)
4.Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. ... Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk: Mengurangi kecepatan kendaraan. Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.
makasih
Hapus
BalasHapusNama :bambang riadi
Kls:XI-tbsm
1.energi kinetik dan bunyi
2.mobil dan motor
3.Rem sepeda motor mekanik merupakan jenis rem yang paling mudah dalam perawatannya dan murah. Kerusakan yang umum adalah pada kabel rem yang aus, namun masih bisa diperbaiki sendiri. Untuk setting komponen seperti brake pads pun juga tidak terlalu sulit.
Sedangkan kelemahannya tentu saja pada kemampuannya yang tak sebaik rem hidrolik. Terutama kala diajak ke trek berbatu yang terjal atau curam, kadang tangan akan kesulitan untuk menarik tuas rem mekanik. (FH)
4.Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. ... Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk: Mengurangi kecepatan kendaraan. Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.
Rifki firmansah
BalasHapusXl-TBSM
1.perubahan energi kinetik menjadi energi kalor dan energi bunyi
2.mobil, motor,truk, bus
3.). Kekurangan*
Rem tidak terlalu pakem,Pergantian Kampas reltif lebih lama dan rumit,,Tidak enak dipandang
Kelebihan*
Tidak mudah terkena kotoran dan debu,Sistem Rem yang mudah dan harganya yang murah,Mampu menahan beban Besar.
4.Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. ... Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk: Mengurangi kecepatan kendaraan. Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.
trimakasih
HapusRifki firmansah
BalasHapusXl-TBSM
1.perubahan energi kinetik menjadi energi kalor dan energi bunyi
2.mobil, motor,truk, bus
3.). Kekurangan*
Rem tidak terlalu pakem,Pergantian Kampas reltif lebih lama dan rumit,,Tidak enak dipandang
Kelebihan*
Tidak mudah terkena kotoran dan debu,Sistem Rem yang mudah dan harganya yang murah,Mampu menahan beban Besar.
4.Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. ... Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk: Mengurangi kecepatan kendaraan. Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.
Nama: Albi Prasetyo
BalasHapusKelas: XI-TBSM
1.energi kinetik dan bunyi
2.mobil dan motor
3.Rem sepeda motor mekanik merupakan jenis rem yang paling mudah dalam perawatannya dan murah. Kerusakan yang umum adalah pada kabel rem yang aus, namun masih bisa diperbaiki sendiri. Untuk setting komponen seperti brake pads pun juga tidak terlalu sulit.
Sedangkan kelemahannya tentu saja pada kemampuannya yang tak sebaik rem hidrolik. Terutama kala diajak ke trek berbatu yang terjal atau curam, kadang tangan akan kesulitan untuk menarik tuas rem mekanik. (FH)
4.Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. ... Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk: Mengurangi kecepatan kendaraan. Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.
Nama:Jody andry setiawan
BalasHapusKelas:XI-TBSM
1.perubahan energi kinetik menjadi energi kalor dan energi bunyi
2.Motor dan Mobil
3.Rem sepeda motor mekanik merupakan jenis rem yang paling mudah dalam perawatannya dan murah. Kerusakan yang umum adalah pada kabel rem yang aus, namun masih bisa diperbaiki sendiri. Untuk setting komponen seperti brake pads pun juga tidak terlalu sulit.
Sedangkan kelemahannya tentu saja pada kemampuannya yang tak sebaik rem hidrolik. Terutama kala diajak ke trek berbatu yang terjal atau curam, kadang tangan akan kesulitan untuk menarik tuas rem mekanik. (FH)
4.suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk: Mengurangi kecepatan kendaraan. Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.
Nama : Muhammad Naufal Adam
BalasHapusKelas : XI TBSM
1.energi kinetik dan bunyi
2.mobil dan motor
3.Rem sepeda motor mekanik merupakan jenis rem yang paling mudah dalam perawatannya dan murah. Kerusakan yang umum adalah pada kabel rem yang aus, namun masih bisa diperbaiki sendiri. Untuk setting komponen seperti brake pads pun juga tidak terlalu sulit.
Sedangkan kelemahannya tentu saja pada kemampuannya yang tak sebaik rem hidrolik. Terutama kala diajak ke trek berbatu yang terjal atau curam, kadang tangan akan kesulitan untuk menarik tuas rem mekanik. (FH)
4.Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. ... Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk: Mengurangi kecepatan kendaraan. Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.
Nama:Rahmat santoso
BalasHapusKelas:XI-TBSM
1.perubahan energi kinetik menjadi energi kalor dan energi bunyi
2.Motor dan Mobil
3.Rem sepeda motor mekanik merupakan jenis rem yang paling mudah dalam perawatannya dan murah. Kerusakan yang umum adalah pada kabel rem yang aus, namun masih bisa diperbaiki sendiri. Untuk setting komponen seperti brake pads pun juga tidak terlalu sulit.
Sedangkan kelemahannya tentu saja pada kemampuannya yang tak sebaik rem hidrolik. Terutama kala diajak ke trek berbatu yang terjal atau curam, kadang tangan akan kesulitan untuk menarik tuas rem mekanik. (FH)
4.suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk: Mengurangi kecepatan kendaraan. Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.
BalasHapusAhmad Rasid
Xl TBSM
1 .perubahan energi kinetik menjadi energi kalor
2.mobil dan motor
3.Kelebihan sistem rem mekanis adalah memiliki konstruksi yang simpel dan mudah dikostuminasi. Namun mekanisme ini sangat rewel apalagi kalau sudah berumur karena sifat logam “pada kawat baja” itu bisa memuai, sehingga dalam jangka waktu tertentu rem bisa tidak pakem.
4.untuk memperlambat laju kendaraan di saat kendaraan itu berjalan
Nama: Sucipno
BalasHapusKelas: XI-TBSM
1.perubahan energi kinetik menjadi energi kalor
2.mobil dan motor
3.Kelebihan sistem rem mekanis adalah memiliki konstruksi yang simpel dan mudah dikostuminasi. Namun mekanisme ini sangat rewel apalagi kalau sudah berumur karena sifat logam “pada kawat baja” itu bisa memuai, sehingga dalam jangka waktu tertentu rem bisa tidak pakem.
4.untuk memperlambat laju kendaraan di saat kendaraan itu berjalan
1.energi kinetik dan bunyi.
BalasHapus2.mobil dan motor.
3.Rem sepeda motor mekanik merupakan jenis rem yang paling mudah dalam perawatannya dan murah. Kerusakan yang umum adalah pada kabel rem yang aus, namun masih bisa diperbaiki sendiri. Untuk setting komponen seperti brake pads pun juga tidak terlalu sulit.
Sedangkan kelemahannya tentu saja pada kemampuannya yang tak sebaik rem hidrolik. Terutama kala diajak ke trek berbatu yang terjal atau curam, kadang tangan akan kesulitan untuk menarik tuas rem mekanik. (FH)
4.Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. ... Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk: Mengurangi kecepatan kendaraan. Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.
Farhan Abidin Nugraha.
BalasHapusNAMA :MOHAMMAD IKHSAN HAFIHZ
BalasHapusKELAS:XI- TBSM
NAMA SEKOLAH: SMK SETIA GAMA
1: energi kine tik menjadi kalor dan energi bunyi
2: mobil dan motor
3:KELEBIHAN :
TIDAK MUDAH TERKENA KOTORAN DAN DEBU.
Karena letak yang berada didalam, maka rem tromol tidak mudah disusupi debu ataupun kotoran sehingga kinerja nya tidak akan terganggu.
KINERJA PENGEREMAN YANG LEMBUT.
berbeda dengan rem cakram yang ganas karena akurasi nya tinggi, rem tromol menghasilkan pergerakan penghentian / perlambatan yang lebih perlahan atau lembut
MAMPU MENAHAN BEBAN BESAR
sistem rem ini dikenal bisa menahan beban berat dan besar, terbukti kendaraan roda empat seperti bus dan truk juga menggunakan rem tromol
Kekurangan:
REM TIDAK TERLALU PAKEM
karena penghentianya yang hanya menggunakan sistem gesekan dan bukan cengkraman (cakram) tentu hasil pengeremannya tidak terlalu pakem dan instan, tidak seperti rem cakram
PERGANTIAN KAMPAS RELATIF LEBIH LAMA DAN RUMIT
tidak seperti rem cakram yang tidak perlu mencopot as roda dan membuka drum untuk mengganti kampas, direm tromol pergantian kampas relatif lebih membutuhkan waktu yang lama dibandingkan rem cakram, yang dimana rem cakram tinggal mencopot baut kaliper
TIDAK ENAK PANDANG
aspek keindahan berkurang jika menggunakan rem tromol (relatif) disana ada tuas yang mengganggu objek mata melihat bulatnya ban, berbeda dengan rem cakram yang pastinya lebih enak dipandang.
4: rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda..... Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk: mengurangi kecepatan kendaraan.