Jakarta - Berbicara mengenai bisnis adalah berbicara tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis berjalan dengan baik, mulai ide bisnis itu sendiri, dalam bidang apakah berbisnis akan dijalankan hingga ke penentuan lokasi usaha strategis yang akan dipilih.
Banyak bisnis yang dijalankan oleh orang-orang yang belum memiliki pemahanan dan pengalaman tentang bisnis yang mereka jalankan. Padahal kegagalan berbisnis sangat ditentukan oleh pihak yang mengelola bisnis tersebut.
Beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan bisnis di antaranya:
1. Mental
Kegagalan bisnis sering terjadi ketika perusahaan mendapatkan masalah dan pengelola perusahaan memiliki mental rendah sehingga mereka hanya pasrah menghadapi masalah tersebut. Seharusnya walaupun perusahaan mengalami kemunduran semua pengelola harus memiliki mental yang kuat agar tetap bisa berpikir positif dalam menghadapi masalah tersebut.
2. Pengetahuan bisnis sendiri
Sebelum Anda menjalankan bisnis, Anda harus mempunyai pengetahuan dan pengalaman tentang bisnis yang akan Anda jalankan. Pengetahuan tentang bisnis ini sangat penting karena dengan memahami bisnis yang akan Anda jalankan Anda bisa mengelola yang berhubungan dengan bisnis tersebut.
3. Sumber daya manusia
Di sini pemegang tertinggi perusahaan harus bisa mengontrol semua aktivitas karyawan dan produksi perusahaan. Semua hal yang berhubungan dengan perusahaan harus diperhatikan agar operasional an administrasi bisa berjalan dengan baik. Kelalaian pemegang tertinggi perusahaan ini bisa menjadi kegagalan bisnis.
4. Modal
Modal merupakan hal penting bagi bisnis yang akan dibangun. Kadang kegagalan bisnis terjadi pada sedikitnya modal yang dimiliki. Bila modal cukup bisnis bisa lebih maksimal dijalankan namun bila modal dalam berbisnis tersebut kurang tentu saja hal ini bisa menjadi penghalang bisnis Anda.
5. Penjualan
Bisnis yang sukses dapat dilihat dari angka penjualannya. Semakin tinggi penjualannya makan semakin tinggi pula labanya . Hal ini juga dapat menambah modal Anda. Pertambahan modal inilah yang bisa digunakan pengelola bisnis untuk mengembangkan usahanya.
6. Perencanaan bisnis
Sebelum menjalankan bisnis, Anda harus bisa merencanakan bisnis yang akan Anda jalankan. Bagaimana Anda memulai bisnis tersebut dan mengembangkannya agar bisa menjadi perusahaan besar. Mulai dari bisnis jenis apa yang akan Anda jalankan, target pasar, harga jual serta strategi pemasaran yang efektif dan efisien bagi bisnis Anda.
FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN BENGKEL SEPEDA MOTOR
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil survey lapangan, menurut pendapat para pengusaha jasa bengkel motor, terdapat 17 faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan dan kelancaran pengusahaan jasa bengkel motor. Faktor-faktor keberhasilan tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan aspek-aspek manajemen sebagai berikut:
FAKTOR KEBERHASILAN USAHA BENGKEL MOTOR
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil survey lapangan, menurut pendapat para pengusaha jasa bengkel motor, terdapat 17 faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan dan kelancaran pengusahaan jasa bengkel motor. Faktor-faktor keberhasilan tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan aspek-aspek manajemen sebagai berikut:
Manajemen operasional yang terdiri dari:
ketepatan mendeteksi kerusahan mesin,
pemeliharaan dan perawatan bengkel,
pengawasan yang baik dari pihak manajemen, dan
kondisi bengkel yang baik.
Manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari:
kejujuran,
kepercayaan,
motivasi,
disiplin dan kerja keras, dan
keahlian.
Manajemen pemasaran yang terdiri dari:
kemampuan menjaring konsumen atau promosi.
Manajemen keuangan yang terdiri dari:
permodalan.
Faktor lain-lain.
Pengelompokkan faktor-faktor keberhasilan pengusahaan jasa bengkel motor berdasarkan aspek-aspek manajemen
Gambar . Pengelompokkan faktor-faktor keberhasilan pengusahaan jasa bengkel motor berdasarkan aspek-aspek manajemen
Menurut opini pakar, hasil survey lapangan tersebut sesuai dengan pendapat Phillip Kotler dalam bukunya yang berjudul Marketing Management yang menyatakan bahwa “…. cara utama untuk membedakan perusahaan jasa adalah dengan memberikan kualitas yang lebih tinggi secara konsisten”.
Untuk menjaga konsistensi kualitas jasa layanan, beberapa hal yang harus mendapat perhatian adalah sebagai berikut:
Kehandalan, yaitu kemampuan untuk memberikan jasa layanan yang dijanjikan dengan tepat dan terpercaya.
Responsif, yaitu membantu pelanggan dengan cepat dan tepat. Hal tersebut memerlukan kerja keras dari seluruh pihak yang terlibat.
Keyakinan, yaitu sikap saling percaya dalan menangani konsumen secara bijaksana sehingga timbul rasa kepercayaan dan keyakinan.
Empati, yaitu kepedulian dan memberi perhatian pribadi bagi pelanggan.
Wujud, yaitu penampilan fasilitas fisik, peralatan dan SDM.
TERKAIT
Jenis-jenis Pelayanan Bengkel
dalam "bengkel"
STRUKTUR ORGANISASI BENGKEL
dalam "bengkel"
Cobalah Mengerti ! Ini Loh Makna Peluang Usaha di bidang Otomotif
dalam "bisnis"
Posted in: bengkel, bisnis
Tagged: bengkel, berhasil, otomotif. motor, sukses
SOAL :
1. APA SAJA FAKTOR YG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN SUATU BISNIS PERBENGKELAN ...?
2. DAN APA SEBALIKNYA ...?
3. MENURUT KALIAN PELAYANAN SEPERTI APAKAH YG AKAN KALIAN LAKUKAN KETIKA KALIAN MENJADI SEORANG CEO ( pemimpin perusahaan ) AGAR BISNIS BENGKEL KALIAN MAJU ...?

Nama:alif rizki saturahman
BalasHapusKelas:XI TBSM
1.Faktor Keberhasilan Usaha Bengkel Motor
Manajemen operasional yang terdiri dari: ketepatan mendeteksi kerusahan mesin, ...
Manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari: kejujuran, ...
Manajemen pemasaran yang terdiri dari: kemampuan menjaring konsumen atau promosi.
Manajemen keuangan yang terdiri dari: permodalan.
Faktor lain-lain.
2. Resiko investasi usaha bengkel motor
3. Visioner,pengalaman yang di miliki,mampu memotivasi anggota,paham dengan perubahan tren yang terjadi dan tahu kapan harus berhenti
Nama: JODY ANDRY SETIAWAN
BalasHapusKelas :Xl-TBSM
1.-Manajemen operasional yang terdiri dari:
#ketepatan mendeteksi kerusahan mesin #pemeliharaan dan perawatan bengkel, #pengawasan yang baik dari pihak manajemen, dan
#kondisi bengkel yang baik.
-Manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari:
#kejujuran,
#kepercayaan,
#motivasi
#disiplin dan kerja keras, dan
#keahlian.
-Manajemen pemasaran yang terdiri dari:
kemampuan menjaring konsumen atau promosi.
Manajemen keuangan yang terdiri dari:
# permodalan.
2. #Tidak ada perencanaan
#Tidak melakukan riset pasar
#Pemasaran yang lemah
#Manajemen yang buruk
#Rendahnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan
#Pegawai tak terkendali
#Tidak dapat merespon feedback dengan baik
#Terlalu cepat menarik uang
3.Memberikan Fasilitas yang Lengkap dan.Terpercaya Kenyamanan dan Memiliki Visi yang Bagus dan mampu memastikan Karyawan mampu mengikutinya. Mampu memotivasi anggota tim. Pengalaman yang di miliki dan Tahu kapan harus berhenti
Rifki firmansah
BalasHapusKls:XI-TBSM
1.)Manajemen operasional yang terdiri dari:
-ketepatan mendeteksi kerusahan mesin #pemeliharaan dan perawatan bengkel, #pengawasan yang baik dari pihak manajemen, dan
-kondisi bengkel yang baik.
2.)Tidak ada perencanaan
-Tidak melakukan riset pasar
-Pemasaran yang lemah
-Manajemen yang buruk
-Rendahnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan
-Pegawai tak terkendali
3.)Memberikan Fasilitas yang Lengkap dan.Terpercaya Kenyamanan dan Memiliki Visi yang Bagus dan mampu memastikan Karyawan mampu mengikutinya. Mampu memotivasi anggota tim. Pengalaman yang di miliki dan Tahu kapan harus berhenti
Nama: Farhan Abidin Nugraha
BalasHapusKelas: X1 TBSM
1.-pengelola harus memiliki mental yang kuat agar tetap bisa berpikir positif dalam menghadapi masalah tersebut.
-Anda harus mempunyai pengetahuan dan pengalaman tentang bisnis yang akan Anda jalankan.
-Sumber daya manusia
Mampu memegang tertinggi perusahaan harus bisa mengontrol semua aktivitas karyawan dan produksi perusahaan.
-Modal merupakan hal penting bagi bisnis yang akan dibangun untuk majunya perusahaan
2.Resiko investasi usaha bengkel motor
3. Disiplin dan tanggung jawab atas permintaan pelanggan, bersikap sopan santun terhadap sesama dan
Memberikan Fasilitas yang Lengkap dan Terpercaya.
Nama: Albi Prasetyo
BalasHapusKelas: XI-TBSM
1.)Manajemen operasional yang terdiri dari:
-ketepatan mendeteksi kerusahan mesin
#pemeliharaan dan perawatan bengkel.
#pengawasan yang baik dari pihak manajemen, dan
kondisi bengkel yang baik.
2.)Tidak ada perencanaan
-Tidak melakukan riset pasar
-Pemasaran yang lemah
-Manajemen yang buruk
-Rendahnya pengetahuan tentang
pengelolaan keuangan
-Pegawai tak terkendali
3. Memberikan Fasilitas yang Lengkap dan.Terpercaya Kenyamanan dan Memiliki Visi yang Bagus dan mampu memastikan Karyawan mampu mengikutinya. Mampu memotivasi anggota tim. Pengalaman yang di miliki dan Tahu kapan harus berhenti
BalasHapusNama:_Aldo Oktaviano
Kls:_XI_TBSM
1.)Manajemen operasional yang terdiri dari:
-ketepatan mendeteksi kerusahan mesin -¤pemeliharaan dan perawatan bengkel, ¤pengawasan yang baik dari pihak manajemen, dan
-kondisi bengkel yang baik.
2.)Tidak ada perencanaan
-Tidak melakukan riset pasar
-Pemasaran yang lemah
-Manajemen yang buruk
-Rendahnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan
-Pegawai tak terkendali
3.)Memberikan Fasilitas yang Lengkap dan.Terpercaya Kenyamanan dan Memiliki Visi yang Bagus dan mampu memastikan Karyawan mampu mengikutinya. Mampu memotivasi anggota tim. Pengalaman yang di miliki dan Tahu kapan harus berhenti
Nama: Sucipno
BalasHapusKelas: XI-TBSM
1.)Manajemen operasional yang terdiri dari:
•ketepatan mendeteksi kerusahan mesin •pemeliharaan dan perawatan bengkel, •pengawasan yang baik dari pihak manajemen, dan
•kondisi bengkel yang baik.
-Manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari:
•kejujuran,
•kepercayaan,
•motivasi
•disiplin dan kerja keras, dan
•keahlian.
-Manajemen pemasaran yang terdiri dari:
kemampuan menjaring konsumen atau promosi.
Manajemen keuangan yang terdiri dari:
• permodalan.
2.) •Tidak ada perencanaan
•Tidak melakukan riset pasar
•Pemasaran yang lemah
•Manajemen yang buruk
•Rendahnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan
•Pegawai tak terkendali
•Tidak dapat merespon feedback dengan baik
•Terlalu cepat menarik uang
3.)Memberikan Fasilitas yang Lengkap dan.Terpercaya Kenyamanan dan Memiliki Visi yang Bagus dan mampu memastikan Karyawan mampu mengikutinya. Mampu memotivasi anggota tim. Pengalaman yang di miliki dan Tahu kapan harus berhenti
M.rayhan
BalasHapusXI-TBSM
1.)Manajemen operasional yang terdiri dari:
-ketepatan mendeteksi kerusahan mesin -¤pemeliharaan dan perawatan bengkel, ¤pengawasan yang baik dari pihak manajemen, dan
-kondisi bengkel yang baik.
2.)Tidak ada perencanaan
-Tidak melakukan riset pasar
-Pemasaran yang lemah
-Manajemen yang buruk
-Rendahnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan
-Pegawai tak terkendali
3.)Memberikan Fasilitas yang Lengkap dan.Terpercaya Kenyamanan dan Memiliki Visi yang Bagus dan mampu memastikan Karyawan mampu mengikutinya. Mampu memotivasi anggota tim. Pengalaman yang di miliki dan Tahu kapan harus berhenti
BalasHapusAhmad Rasid
Xl TBSM
1.Manajemen operasional yang terdiri dari:
-ketepatan mendeteksi kerusahan mesin #pemeliharaan dan perawatan bengkel, #pengawasan yang baik dari pihak manajemen, dan
-kondisi bengkel yang baik.
2.Tidak ada perencanaan
-Tidak melakukan riset pasar
-Pemasaran yang lemah
-Manajemen yang buruk
-Rendahnya pengetahuan tentang
pengelolaan keuangan
-Pegawai tak terkendali
3.Memberikan Fasilitas yang Lengkap dan.Terpercaya Kenyamanan dan Memiliki Visi yang Bagus dan mampu memastikan Karyawan mampu mengikutinya. Mampu memotivasi anggota tim. Pengalaman yang di miliki dan Tahu kapan harus berhenti
Nama : Wildan Najmi
BalasHapusKelas : XI - TBSM
1. Faktor keberhasilan suatu bisnis sepeda motor adalah :....
- ketepatan mendeteksi kerusahan mesin,
- pemeliharaan dan perawatan bengkel,
-pengawasan yang baik dari pihak manajemen, dan
-kondisi bengkel yang baik.
#Manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari:
-kejujuran,
-kepercayaan,
-motivasi,
-disiplin dan kerja keras, dan
-keahlian.
#Manajemen pemasaran yang terdiri dari:
-kemampuan menjaring konsumen atau promosi.
#Manajemen keuangan yang terdiri dari:
-permodalan.
2. 1)Tidak ada perencanaan
2)Tidak melakukan riset pasar
3)Pemasaran yang lemah
4)Manajemen yang buruk
5)Rendahnya pengetahuan #tentang pengelolaan keuangan
1)Pegawai tak terkendali
2)Tidak dapat merespon
feedback dengan baik
3)Terlalu cepat menarik uang
3. 1) Disiplin dan bertanggung jawab
2) Memiliki Pendidikan dan Pengetahuan yang Luas.
3) Memiliki Koneksi Yang Tidak Terbatas.
4) Memiliki target yg selalu tinggi untuk mencapai.
5) Menjadi Pendengar Sekaligus Pemimpin Yang Baik.
6) Mau belajar dari segala tempat.
7) Merencanakan Keuangan Dengan Asuransi Zurich.
BalasHapusNama:BAMBANG RIADI
Kls:XI-tbsm
1.Faktor Keberhasilan Usaha Bengkel Motor
Manajemen operasional yang terdiri dari: ketepatan mendeteksi kerusahan mesin, ...
Manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari: kejujuran, ...
Manajemen pemasaran yang terdiri dari: kemampuan menjaring konsumen atau promosi.
Manajemen keuangan yang terdiri dari: permodalan.
Faktor lain-lain.
2. Resiko investasi usaha bengkel motor
3. Visioner,pengalaman yang di miliki,mampu memotivasi anggota,paham dengan perubahan tren yang terjadi dan tahu kapan harus berhenti
NAMA :MOHAMMAD IKHSAN HAFIHZ
BalasHapusKELAS :XI- TBSM
FAKTOR KEBERHASILAN USAHA BENGKEL MOTOR
- 1. manajemen operasional yang terdiri dari: ketepatan mendeteksi kerusahan mesin- pemeliharaan dan perawatan bengkel - kondisi bengkel yang baik- pengawasan yang baik dari pihak manajemen, dan
Manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari: kejujuran- kepercayaan- motivasi- disiplin- dan kerja keras - keahlian
Manajemen pemasaran yang terdiri dari: kemampuan menjaring konsumen atau promosi
Manajemen keuangan yang terdiri dari: permodalan
2.- tidak ada perencanaan- tidak melakukan riset pasar- pemasaran yang lemah- manajemen yang buruk- rendahnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan - pegawai tak terkendali- terlalu cepat menarik uang
3- pencarian lahan usaha- perlengkapan dan peralatan kerja- kualitas pelayanan- strategi promosi- layanan panggilan - mempersiapkan manajemen dan teknisi yang baik- memberikan souvenir untuk pelanggan setia - pembukuan.
Nama : Firmansyah
BalasHapusKls: XI Tbsm
1. manajemen operasional yang terdiri dari: ketepatan mendeteksi kerusahan mesin- pemeliharaan dan perawatan bengkel - kondisi bengkel yang baik- pengawasan yang baik dari pihak manajemen, dan
Manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari: kejujuran- kepercayaan- motivasi- disiplin- dan kerja keras - keahlian
Manajemen pemasaran yang terdiri dari: kemampuan menjaring konsumen atau promosi
Manajemen keuangan yang terdiri dari: permodalan
2.- tidak ada perencanaan- tidak melakukan riset pasar- pemasaran yang lemah- manajemen yang buruk- rendahnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan - pegawai tak terkendali- terlalu cepat menarik uang
3- pencarian lahan usaha- perlengkapan dan peralatan kerja- kualitas pelayanan- strategi promosi- layanan panggilan - mempersiapkan manajemen dan teknisi yang baik- memberikan souvenir untuk pelanggan setia - pembukuan.