KOMPONEN – KOMPONEN PADA KENDARAAN RINGAN
A. KOMPONEN ENGINE DAN CARA KERJANYA
Komponen Mesin merupakan bagian-bagian utama dari mesin khususnya yang dibahas disini adalah mesin bensin/premium. Dimana komponen utama ini merupakan suatu bentuk rangkaian mesin yang difungsikan sebagai pembuat tenaga.
Adapun yang utama dengan berurutan adalah sebagai berikut :
1. Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston,
sedangkan ujung piston yang lain berhubungan langsung dengan poros engkol/crank shaft, maka dengan demikian gerak naik turunnya piston dapat menggerakan poros engkol. Sedangkan dibagian atas kepala silinder pada bagian dalamnya berbentuk sebuah ruang bakar dan dilengkapi dengan katup-katup hisap dan buang.
Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi. Beberapa silinder disusun pada blok silinder, bagian atasnya ditutup dengan kepala silinder sedangkan bagian bawah blok silinder
membentuk ruang engkol untuk penempatan dan pemasangan kelengkapan, seperti dinamo starter (untuk start awal gerak poros engkol, alternator, pompa bensin serta distributor. 2. Silinder, merupakan bagian yang memindahkan tenaga panas ke tenaga mekanik dan untuk tujuan ini piston bergerak naik memadatkan gas.
Untuk memperoleh tenaga maksimum ataupun optimum diusahakan tidak terdapat kebocoran-kebocoran pada gas-gas yang dibakar diantara piston dan silinder. Gesekan dan keausan diusahakan seminim mungkin yang diakibatkan oleh gerakan-gerakan meluncur dari piston.
Untuk memperkecil hal ini, dinding silinder diperkeras dengan besi tuang/cor, atau dengan diberikan khrom pada dinding-dinding silinder untuk membatasi keausan tadi. Jika dinding silinder telah aus .. maka perbaikan yang dilakukan adalah dengan mengebor kembali dinding silinder dengan
SOAL :
1 Apa yang di maksud dengan blok silinder ...?
2 Apakah kekurangan dan kelebihan material tersebut ...?
3 jelaskan mengapa dengan material tsb blok silinder di ciptakan ...?
4 terbuat dari material apakah blok silinder .....?
Nb . nama dan kelas jgn lupa yah ...tq
Nama : ressi perdana
BalasHapusKelas :x otto 1
1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4.Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
d. Biaya perawatan yang rendah.
e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
c. Mempunyai bobot yang Berat.
d. Daya pantul suara yang besar
e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.
Nama: Muhammad Shidqi Arraafi
BalasHapusKelas: X-OTOMOTIF 2
1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4.Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
BalasHapusRizki warso alfajar
kls:X oto 1
1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4.Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
d. Biaya perawatan yang rendah.
e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
c. Mempunyai bobot yang Berat.
d. Daya pantul suara yang besar
e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.
Nama= Alex Pernando. S
BalasHapusKls= X oto2
1. Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston
2. Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah
4. Kelebihan :
A. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
B. Mampu memikul beban yang berat.
C. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
D. Biaya perawatan yang rendah.
Kekurangan :
A. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
B. Lemah terhadap Kuat tarik.
C. Mempunyai bobot yang Berat.
D. Daya pantul suara yang besar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Zidan Fadillah Akbar
BalasHapusKls : X oto2
1. Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston
2. Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas
4. Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
d. Biaya perawatan yang rendah.
e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam
Nama:fadhel muhammad sofyan
BalasHapusKls: x otto 1
1.Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase.
2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan.
3.Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4.4.Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
d. Biaya perawatan yang rendah.
e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
c. Mempunyai bobot yang Berat.
d. Daya pantul suara yang besar
e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.
NAMA : Adam rizky yulian loppies
BalasHapusKelas : X OTO 1
1, Untuk memperoleh tenaga maksimum ataupun optimum diusahakan tidak terdapat kebocoran-kebocoran pada gas-gas yang dibakar diantara piston dan silinder. Gesekan dan keausan diusahakan seminim mungkin yang diakibatkan oleh gerakan-gerakan meluncur dari piston.
2, Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi. Beberapa silinder disusun pada blok silinder, bagian atasnya ditutup dengan kepala silinder sedangkan bagian bawah blok silinder
3, Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston,
4, membentuk ruang engkol untuk penempatan dan pemasangan kelengkapan, seperti dinamo starter (untuk start awal gerak poros engkol, alternator, pompa bensin serta distributor. 2. Silinder, merupakan bagian yang memindahkan tenaga panas ke tenaga mekanik dan untuk tujuan ini piston bergerak naik memadatkan gas.
Novalda vaswa
BalasHapusKelas : X oto1
1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4.Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
d. Biaya perawatan yang rendah.
e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
c. Mempunyai bobot yang Berat.
d. Daya pantul suara yang besar
e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.
nama:ikhsan enji yulaiman
BalasHapuskelas:x oto1
1.Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston,
sedangkan ujung piston yang lain berhubungan langsung dengan poros engkol/crank shaft, maka dengan demikian gerak naik turunnya piston dapat menggerakan poros engkol. Sedangkan dibagian atas kepala silinder pada bagian dalamnya berbentuk sebuah ruang bakar dan dilengkapi dengan katup-katup hisap dan buang.
2.besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.
3.Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4. Kelebihan :
A. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
B. Mampu memikul beban yang berat.
C. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
D. Biaya perawatan yang rendah.
Kekurangan :
A. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
B. Lemah terhadap Kuat tarik.
C. Mempunyai bobot yang Berat.
D. Daya pantul suara yang besar
BalasHapusNama arya saputra
Kelas xoto1
1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase
2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
3.Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase).
4.*Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
d. Biaya perawatan yang rendah.
e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
*.Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
c. Mempunyai bobot yang Berat.
d. Daya pantul suara yang besar
e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi
5.
Nama: Rizky firdaus
BalasHapusKelas:X Oto1
1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4.Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
BalasHapusNama Haikal Rizky
Kls x otto2
1, Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
2, Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
3, Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4, Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
d. Biaya perawatan yang rendah.
e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
c. Mempunyai bobot yang Berat.
d. Daya pantul suara yang besar
e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.
Nama :Davinza Andara
BalasHapusKelas. : X Otto 1
Jawaban
1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bukaan , sambungan dan crankcase
2. Blok silinder umumnya terbuat dari bahan material besi,nikel dan Chromium
3. Blok silinder di ciptakan dari material tersebut karena bahannya yg sangat kuat ,tahan panas dan gesekan
4. Kelebihan :
_bahan yg sangat kuat
_tahan panas dan gesekan
_perawatan yg lebih murah
_jika mesin terjadi overheating umumnya yg kalah duluan bukan blok mesin nya melainkan komponen komponen lain yg berada di dalam nya
__mampu memikul beban yang berat
Kekurangan :
_ material yang berat
_pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi
_daya pantul suara yg besar
_bentuk yg sudah di buat sulit untuk di ubah
Nama : Muhammad Alfa Andika
BalasHapusKelas : 10 (TKR.2)
1) Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston
2) Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.
3) Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder
4) Kelebihan
- Tidak mengeluarkan biaya yg besar
- mudah dirawat
Kekurangan
- Mudah berkarat
- bobot yg berat
Nama: Muhamad Syaifudin
BalasHapusKls: X-OTTO2
1.Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston,
sedangkan ujung piston yang lain berhubungan langsung dengan poros engkol/crank shaft, maka dengan demikian gerak naik turunnya piston dapat menggerakan poros engkol. Sedangkan dibagian atas kepala silinder pada bagian dalamnya berbentuk sebuah ruang bakar dan dilengkapi dengan katup-katup hisap dan buang.
2.besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.
3.Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4. Kelebihan :
A. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
B. Mampu memikul beban yang berat.
C. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
D. Biaya perawatan yang rendah.
Kekurangan :
A. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
B. Lemah terhadap Kuat tarik.
C. Mempunyai bobot yang Berat.
D. Daya pantul suara yang besar
Nama:Muhammad Alamsyah
BalasHapusKls:X(Oto1)
1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4.Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
d. Biaya perawatan yang rendah.
e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
c. Mempunyai bobot yang Berat.
d. Daya pantul suara yang besar
e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.
Nama:agung permana
BalasHapusKelas:X (otto2)
1.Blok silinder,merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat berapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston
2.Blok silinder biasanya terbuat dari besi tua/cor tetapi ada pula yang terbuat dari panduan almuniun dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi
3.blok silinder,merupakan bentuk dasar mesin dan pada blok silinder ini terdapat,beberapa buah mesin,sebuah torak/piston yang di pasangkan pada salah satu ujung batang piston
4.Kelebihan
-tidak mengeluarkan biaya yang besar
-mudah di rawat
Kekurangan
-mudah berkarat
-bobot yang berat
Nama:M.sammy.saputra
BalasHapusKls:X otto2
1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4.Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
Tiara
BalasHapusX av
1blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4.Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
Firman abdilah
BalasHapusKls:X oto 1
1. Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston
2. Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah
4. Kelebihan :
A. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
B. Mampu memikul beban yang berat.
C. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
D. Biaya perawatan yang rendah.
nama:ikhsan enji yulaiman
BalasHapuskelas:x oto1
1.blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
2.Blok silinder umumnya terbuat dari bahan material besi,nikel dan Chromium
3.Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas
4.Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
d. Biaya perawatan yang rendah.
e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
c. Mempunyai bobot yang Berat.
d. Daya pantul suara yang besar
e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.
Danu setyo nugroho
BalasHapusKelas:X otto 1
1.blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga
2.Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.
3..Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas
4..Kelebihan
-tidak mengeluarkan biaya yang besar
-mudah di rawat
Kekurangan
-mudah berkarat
-bobot yang berat
BalasHapusDimasfebio
Kls X Oto 1
1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4.Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
d. Biaya perawatan yang rendah.
e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
c. Mempunyai bobot yang Berat.
d. Daya pantul suara yang besar
e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.
Nama:agung permana
BalasHapusKelas:X (otto2)
1.Blok silinder merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin,pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston
2.blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat daru paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi
3.mengubah volume dari isi silinder,perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder,torak atau piston yang menerima tekanan dari flauida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear)membuka tutup jalur aliran kombinasi dari hal di atas
4.kelebihan
-tidak mengeluarkan biaya yang besar
-mudah di rawat
Kekurangan:
-mudah berkarat
-bobot yang berat
Novalda Vaswa
BalasHapusKelas X oto 1
1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
4.Kelebihan :
a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
b. Mampu memikul beban yang berat.
c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
d. Biaya perawatan yang rendah.
e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
Kekurangan :
a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
b. Lemah terhadap Kuat tarik.
c. Mempunyai bobot yang Berat.
d. Daya pantul suara yang besar
e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.
BalasHapusNama= M Zaky Ridwan
Kelas= XOTO1
1. Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston
2. Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.
3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah
4. Kelebihan :
A. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
B. Mampu memikul beban yang berat.
C. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
D. Biaya perawatan yang rendah.
Kekurangan :
A. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
B. Lemah terhadap Kuat tarik.
C. Mempunyai bobot yang Berat.
D. Daya pantul suara yang besar