Langsung ke konten utama

MATERI PJJ TDO 3.5 KLASIFIKASI ENGINE

 KOMPONEN – KOMPONEN PADA KENDARAAN RINGAN


A.     KOMPONEN ENGINE DAN CARA KERJANYA

Komponen Mesin merupakan bagian-bagian utama dari mesin khususnya yang dibahas disini adalah mesin bensin/premium. Dimana komponen utama ini merupakan suatu bentuk rangkaian mesin yang difungsikan sebagai pembuat tenaga.

Adapun yang utama dengan berurutan adalah sebagai berikut :


 1. Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini  terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston,

 sedangkan ujung piston yang lain berhubungan langsung dengan poros engkol/crank shaft, maka dengan demikian gerak naik turunnya piston dapat menggerakan poros engkol. Sedangkan dibagian atas kepala silinder pada bagian dalamnya berbentuk sebuah ruang bakar dan dilengkapi dengan katup-katup hisap dan buang.

Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi. Beberapa silinder disusun pada blok silinder, bagian atasnya ditutup dengan kepala silinder sedangkan bagian bawah blok silinder 

membentuk ruang engkol untuk penempatan dan pemasangan kelengkapan, seperti dinamo starter (untuk start awal gerak poros engkol, alternator, pompa bensin serta distributor. 2. Silinder, merupakan bagian yang memindahkan tenaga panas ke tenaga mekanik dan untuk tujuan ini piston bergerak naik memadatkan gas.

 Untuk memperoleh tenaga maksimum ataupun optimum diusahakan tidak terdapat kebocoran-kebocoran pada gas-gas yang dibakar diantara piston dan silinder. Gesekan dan keausan diusahakan seminim mungkin yang diakibatkan oleh gerakan-gerakan meluncur dari piston. 

Untuk memperkecil hal ini, dinding silinder diperkeras dengan besi tuang/cor, atau dengan diberikan khrom pada dinding-dinding silinder untuk membatasi keausan tadi. Jika dinding silinder telah aus .. maka perbaikan yang dilakukan adalah dengan mengebor kembali dinding silinder dengan


SOAL :

1 Apa yang di maksud dengan blok silinder ...?

2 Apakah kekurangan dan kelebihan material tersebut ...?

3 jelaskan mengapa dengan material tsb blok silinder di ciptakan ...?

4 terbuat dari material apakah blok silinder .....?

Nb . nama dan kelas jgn lupa yah ...tq

Komentar

  1. Nama : ressi perdana
    Kelas :x otto 1

    1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.

    2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:

    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.

    4.Kelebihan :

    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi

    d. Biaya perawatan yang rendah.

    e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.

     

    Kekurangan :

    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    b. Lemah terhadap Kuat tarik.

    c. Mempunyai bobot yang Berat.

    d. Daya pantul suara yang besar

    e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

    BalasHapus
  2. Nama: Muhammad Shidqi Arraafi
    Kelas: X-OTOMOTIF 2


    1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.

    2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:

    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.

    4.Kelebihan :

    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi





    Kekurangan :

    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    b. Lemah terhadap Kuat tarik.

    BalasHapus

  3. Rizki warso alfajar
    kls:X oto 1

    1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
    2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
    4.Kelebihan :
    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
    b. Mampu memikul beban yang berat.
    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
    d. Biaya perawatan yang rendah.
    e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
    Kekurangan :
    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
    b. Lemah terhadap Kuat tarik.
    c. Mempunyai bobot yang Berat.
    d. Daya pantul suara yang besar
    e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

    BalasHapus
  4. Nama= Alex Pernando. S
    Kls= X oto2

    1. Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston

    2. Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah

    4. Kelebihan :
    A. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    B. Mampu memikul beban yang berat.

    C. Tahan terhadap temperatur yang tinggi

    D. Biaya perawatan yang rendah.

    Kekurangan :

    A. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    B. Lemah terhadap Kuat tarik.

    C. Mempunyai bobot yang Berat.

    D. Daya pantul suara yang besar

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Nama : Zidan Fadillah Akbar
    Kls : X oto2

    1. Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston

    2. Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas

    4. Kelebihan :
    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi

    d. Biaya perawatan yang rendah.

    e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam

    BalasHapus
  7. Nama:fadhel muhammad sofyan
    Kls: x otto 1

    1.Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase.

    2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan.

    3.Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:

    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.

    4.4.Kelebihan :

    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi

    d. Biaya perawatan yang rendah.

    e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.



    Kekurangan :

    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    b. Lemah terhadap Kuat tarik.

    c. Mempunyai bobot yang Berat.

    d. Daya pantul suara yang besar

    e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

    BalasHapus
  8. NAMA : Adam rizky yulian loppies
    Kelas : X OTO 1



    1, Untuk memperoleh tenaga maksimum ataupun optimum diusahakan tidak terdapat kebocoran-kebocoran pada gas-gas yang dibakar diantara piston dan silinder. Gesekan dan keausan diusahakan seminim mungkin yang diakibatkan oleh gerakan-gerakan meluncur dari piston.


    2, Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi. Beberapa silinder disusun pada blok silinder, bagian atasnya ditutup dengan kepala silinder sedangkan bagian bawah blok silinder


    3, Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston,


    4, membentuk ruang engkol untuk penempatan dan pemasangan kelengkapan, seperti dinamo starter (untuk start awal gerak poros engkol, alternator, pompa bensin serta distributor. 2. Silinder, merupakan bagian yang memindahkan tenaga panas ke tenaga mekanik dan untuk tujuan ini piston bergerak naik memadatkan gas.

    BalasHapus
  9. Novalda vaswa
    Kelas : X oto1

    1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.

    2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:

    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.

    4.Kelebihan :

    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi

    d. Biaya perawatan yang rendah.

    e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.



    Kekurangan :

    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    b. Lemah terhadap Kuat tarik.

    c. Mempunyai bobot yang Berat.

    d. Daya pantul suara yang besar

    e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

    BalasHapus
  10. nama:ikhsan enji yulaiman
    kelas:x oto1
    1.Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston,
    sedangkan ujung piston yang lain berhubungan langsung dengan poros engkol/crank shaft, maka dengan demikian gerak naik turunnya piston dapat menggerakan poros engkol. Sedangkan dibagian atas kepala silinder pada bagian dalamnya berbentuk sebuah ruang bakar dan dilengkapi dengan katup-katup hisap dan buang.
    2.besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.
    3.Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
    4. Kelebihan :
    A. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
    B. Mampu memikul beban yang berat.
    C. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
    D. Biaya perawatan yang rendah.
    Kekurangan :
    A. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
    B. Lemah terhadap Kuat tarik.
    C. Mempunyai bobot yang Berat.
    D. Daya pantul suara yang besar

    BalasHapus

  11. Nama arya saputra
    Kelas xoto1


    1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase
    2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.
    3.Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase).
    4.*Kelebihan :

    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi

    d. Biaya perawatan yang rendah.

    e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
    *.Kekurangan :

    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    b. Lemah terhadap Kuat tarik.

    c. Mempunyai bobot yang Berat.

    d. Daya pantul suara yang besar

    e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi
    5.

    BalasHapus
  12. Nama: Rizky firdaus
    Kelas:X Oto1

    1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.

    2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:

    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.

    4.Kelebihan :

    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi



    Kekurangan :

    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    b. Lemah terhadap Kuat tarik.

    BalasHapus

  13. Nama Haikal Rizky
    Kls x otto2

    1, Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.

    2, Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.

    3, Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:

    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.

    4, Kelebihan :

    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi

    d. Biaya perawatan yang rendah.

    e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.



    Kekurangan :

    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    b. Lemah terhadap Kuat tarik.

    c. Mempunyai bobot yang Berat.

    d. Daya pantul suara yang besar

    e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

    BalasHapus
  14. Nama :Davinza Andara
    Kelas. : X Otto 1
    Jawaban
    1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bukaan , sambungan dan crankcase
    2. Blok silinder umumnya terbuat dari bahan material besi,nikel dan Chromium
    3. Blok silinder di ciptakan dari material tersebut karena bahannya yg sangat kuat ,tahan panas dan gesekan
    4. Kelebihan :
    _bahan yg sangat kuat
    _tahan panas dan gesekan
    _perawatan yg lebih murah
    _jika mesin terjadi overheating umumnya yg kalah duluan bukan blok mesin nya melainkan komponen komponen lain yg berada di dalam nya
    __mampu memikul beban yang berat
    Kekurangan :
    _ material yang berat
    _pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi
    _daya pantul suara yg besar
    _bentuk yg sudah di buat sulit untuk di ubah

    BalasHapus
  15. Nama : Muhammad Alfa Andika
    Kelas : 10 (TKR.2)

    1) Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini  terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston

    2) Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi. 

    3) Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder

    4) Kelebihan
    - Tidak mengeluarkan biaya yg besar
    - mudah dirawat

    Kekurangan
    - Mudah berkarat
    - bobot yg berat

    BalasHapus
  16. Nama: Muhamad Syaifudin
    Kls: X-OTTO2

    1.Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston,
    sedangkan ujung piston yang lain berhubungan langsung dengan poros engkol/crank shaft, maka dengan demikian gerak naik turunnya piston dapat menggerakan poros engkol. Sedangkan dibagian atas kepala silinder pada bagian dalamnya berbentuk sebuah ruang bakar dan dilengkapi dengan katup-katup hisap dan buang.
    2.besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.
    3.Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.
    4. Kelebihan :
    A. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
    B. Mampu memikul beban yang berat.
    C. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
    D. Biaya perawatan yang rendah.
    Kekurangan :
    A. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
    B. Lemah terhadap Kuat tarik.
    C. Mempunyai bobot yang Berat.
    D. Daya pantul suara yang besar

    BalasHapus
  17. Nama:Muhammad Alamsyah
    Kls:X(Oto1)


    1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.

    2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:

    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.

    4.Kelebihan :

    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi

    d. Biaya perawatan yang rendah.

    e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.



    Kekurangan :

    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    b. Lemah terhadap Kuat tarik.

    c. Mempunyai bobot yang Berat.

    d. Daya pantul suara yang besar

    e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

    BalasHapus
  18. Nama:agung permana
    Kelas:X (otto2)
    1.Blok silinder,merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat berapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston
    2.Blok silinder biasanya terbuat dari besi tua/cor tetapi ada pula yang terbuat dari panduan almuniun dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi
    3.blok silinder,merupakan bentuk dasar mesin dan pada blok silinder ini terdapat,beberapa buah mesin,sebuah torak/piston yang di pasangkan pada salah satu ujung batang piston
    4.Kelebihan
    -tidak mengeluarkan biaya yang besar
    -mudah di rawat

    Kekurangan
    -mudah berkarat
    -bobot yang berat

    BalasHapus
  19. Nama:M.sammy.saputra
    Kls:X otto2

    1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.

    2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:

    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.

    4.Kelebihan :

    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi





    Kekurangan :

    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    b. Lemah terhadap Kuat tarik.

    BalasHapus
  20. Tiara
    X av
    1blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.

    2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:

    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.

    4.Kelebihan :

    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi





    Kekurangan :

    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    b. Lemah terhadap Kuat tarik.

    BalasHapus
  21. Firman abdilah
    Kls:X oto 1

    1. Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston

    2. Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah

    4. Kelebihan :
    A. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
    B. Mampu memikul beban yang berat.
    C. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
    D. Biaya perawatan yang rendah.

    BalasHapus
  22. nama:ikhsan enji yulaiman
    kelas:x oto1
    1.blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.
    2.Blok silinder umumnya terbuat dari bahan material besi,nikel dan Chromium
    3.Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas
    4.Kelebihan :
    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.
    b. Mampu memikul beban yang berat.
    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi
    d. Biaya perawatan yang rendah.
    e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.
    Kekurangan :
    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.
    b. Lemah terhadap Kuat tarik.
    c. Mempunyai bobot yang Berat.
    d. Daya pantul suara yang besar
    e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

    BalasHapus
  23. Danu setyo nugroho
    Kelas:X otto 1
    1.blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga

    2.Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.

    3..Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:
    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas

    4..Kelebihan
    -tidak mengeluarkan biaya yang besar
    -mudah di rawat

    Kekurangan
    -mudah berkarat
    -bobot yang berat

    BalasHapus

  24. Dimasfebio
    Kls X Oto 1

    1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.

    2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:

    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.

    4.Kelebihan :

    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi

    d. Biaya perawatan yang rendah.

    e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.



    Kekurangan :

    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    b. Lemah terhadap Kuat tarik.

    c. Mempunyai bobot yang Berat.

    d. Daya pantul suara yang besar

    e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

    BalasHapus
  25. Nama:agung permana
    Kelas:X (otto2)
    1.Blok silinder merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin,pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston
    2.blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat daru paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi
    3.mengubah volume dari isi silinder,perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder,torak atau piston yang menerima tekanan dari flauida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear)membuka tutup jalur aliran kombinasi dari hal di atas
    4.kelebihan
    -tidak mengeluarkan biaya yang besar
    -mudah di rawat

    Kekurangan:
    -mudah berkarat
    -bobot yang berat

    BalasHapus
  26. Novalda Vaswa
    Kelas X oto 1

    1. Blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya (bagian pendingin, bagian bukaan masuk dan keluar bagian, sambungan, dan crankcase). Istilah blok mesin sering digunakan bersama dengan "blok silinder" (meskipun secara teknis dapat dibuat perbedaan antara silinder mesin monobloc silinder sebagai unit diskrit dibandingkan dengan desain blok dengan lebih banyak integrasi yang terdiri dari crankcase juga.

    2.Blok silinder umumnya terbuat dari material besi, nikel, dan chromium. Pada sebagian mesin, biasanya menggunakan besi sebagai dinding silinder karena kualitasnya lebih baik. ... - Ada bagian yang disematkan dengan gasket silinder yang akan memproteksi terjadinya kebocoran air, oli atau bahan bakar.

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah:

    Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya torak/piston menekan isi silinder. Torak atau piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).Membuka-tutup jalur aliran.Kombinasi dari hal di atas.

    4.Kelebihan :

    a. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    b. Mampu memikul beban yang berat.

    c. Tahan terhadap temperatur yang tinggi

    d. Biaya perawatan yang rendah.

    e. Tahan terhadap pengkaratan/pembusukan oleh kondisi alam.



    Kekurangan :

    a. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    b. Lemah terhadap Kuat tarik.

    c. Mempunyai bobot yang Berat.

    d. Daya pantul suara yang besar

    e. Pelaksanaan pekerjaan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

    BalasHapus

  27. Nama= M Zaky Ridwan
    Kelas= XOTO1

    1. Blok Silinder, merupakan bentuk dasar dari mesin dan pada blok silinder ini terdapat beberapa buah silinder mesin, pada tiap silinder terdapat sebuah torak/piston yang dipasangkan pada salah satu ujung batang piston

    2. Blok silinder biasanya terbuat dari besi tuang/cor tetapi ada pula yang terbuat dari paduan almunium dengan tujuan untuk mengurangi berat serta menambah panas radiasi.

    3. Tujuan torak atau piston dalam silinder adalah

    4. Kelebihan :
    A. Dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

    B. Mampu memikul beban yang berat.

    C. Tahan terhadap temperatur yang tinggi

    D. Biaya perawatan yang rendah.

    Kekurangan :

    A. Bentuk yang telah dibuat sulit untuk diubah.

    B. Lemah terhadap Kuat tarik.

    C. Mempunyai bobot yang Berat.

    D. Daya pantul suara yang besar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TBSM

 Silahkan kalian kirim laporan observasi mengenai tugas terstruktur yg berkelompok kemarin yg sudah kalian buat by email kebonjeruksmk@gmail.com dengan format nama , kelas , jurusan 

MATERI PJJ TDO

  Proses Mesin Konversi Energi Lancang Kuning   -  Pada umumnya pengertian dari mesin konversi energi adalah suatu pesawat yang dapat menghasilkan suatu gerak atau kerja. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa mesin konversi energi adalah suatu pesawat yang dapat berfungsi untuk mengonversikan dan mengubah suatu energi menjadi energi lain. Sehingga menghasilkan suatu usaha ataupun kerja yang dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Prinsip kerja dari mesin ini dengan menggunakan tekanan gas yang dihasilkan dari pembakaran serta udara dan akan menghasilkan sebuah gaya dorong yang dapat membuat suatu batang torak bisa bergerak. Dari gerakan torak tersebut yang kemudian akan menghasilkan perputaran pada poros engkol. Mesin konversi energi yang ada pada mesin diesel ini, pada dasarnya memiliki bahan bakar berupa solar, sedangkan pada mesin otto bahan bakarnya berbeda dari mesin diesel, biasanya menggunakan bahan bakar bensin. Dalam proses pembakarannya mesin diesel ...

Materi Pjj 3.2 Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Bengkel ( PBSM)

 Jakarta - Berbicara mengenai bisnis adalah berbicara tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis berjalan dengan baik, mulai ide bisnis itu sendiri, dalam bidang apakah berbisnis akan dijalankan hingga ke penentuan lokasi usaha strategis yang akan dipilih. Banyak bisnis yang dijalankan oleh orang-orang yang belum memiliki pemahanan dan pengalaman tentang bisnis yang mereka jalankan. Padahal kegagalan berbisnis sangat ditentukan oleh pihak yang mengelola bisnis tersebut. Beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan bisnis di antaranya: 1. Mental Kegagalan bisnis sering terjadi ketika perusahaan mendapatkan masalah dan pengelola perusahaan memiliki mental rendah sehingga mereka hanya pasrah menghadapi masalah tersebut. Seharusnya walaupun perusahaan mengalami kemunduran semua pengelola harus memiliki mental yang kuat agar tetap bisa berpikir positif dalam menghadapi masalah tersebut. 2. Pengetahuan bisnis sendiri Sebelum Anda m...