Langsung ke konten utama

SISTEM PENDINGINAN SEPEDA MOTOR


SISTEM PENDINGINAN SEPEDA MOTOR



Sistem pendinginan sepeda motor berfungsi untuk mendinginkan mesin agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.


Sistem pendinginan sepeda motor ada 3 yaitu:


Sistem pendinginan udara

Sistem pendinginan air

sistim pendinginan oli

1.      Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:


a.       Sistem pendinginan udara alami


Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang


pendinginan


b.      Sistem pendinginan udara paksa


 Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.


Sistim pendingin udara  Sistem pendingin udara banyak digunakan pada sepeda motor dengan cc mesin yang rendah, biasanya dibawah 125 cc, namun bila lebih dari 125 cc biasanya menggunakan sistem pendingin air. Sistem pendingin udara ini biasanya berupa sirip – sirip pada blok mesin dan kepala silinder mesin.  


Sistem pendingin ini bekerja pada saat sepeda motor melaju atau berjalan, di mana udara akan mengenai sirip – sirip tersebut dan panas mesin dapat dibuang ke udara melalui sirip – sirip mesin tersebut. Jumlah sirip – sirip tersebut sudah dirancang khusus oleh para produsen kendaraan agar didapat pendinginan yang sesuai untuk mencapai suhu kerja mesin yang diinginkan. Bila sirip – sirip itu patah, maka akan sangat mempengaruhi dari suhu mesin tersebut.


 


2.      Sistem pendinginan air



Sekeliling silinder dan kepala silinder diberikan rongga-rongga berisi air yang disirkulasikan oleh pompa air (water pump). Air yang telah menyerap panas mesin dialirkan ke radiator untuk didinginkan melalui kisi-kisi radiator dan aliran udara yang melaui radiator.


 


Sistim pendingin air:


  Pada sistem pendingin air yang digunkan adalah air sebagai bahan pendinginnya. Komponen – komponen sistem pendingin air adalah sebagai berikut:


 


1.      Radiator: Radiator berfungsi sebagai tempat menampung air sekaligus mendinginkan air yang berasal dan akan dialirkan ke mesin.


2.      Water pump : berfungsi untuk mensirkulasikan air ke dalam sistem           pendingin.


3.      Tutup radiator: berfungsi mengatur tekanan dan suhu air pendingin di      dalam radiator.


4.      Water jacket: adalah ruang dalam blok mesin dan silinder blok yang         menampung dan menghantarkan panas mesin ke air pendingin.


5.      Thermostat: berfungsi untuk mengatur suhu kerja mesin dengan cara         mengatur sirkulasi air pendingin.


6.      Selang : adalah komponen untuk mensirkulasikan air pendingin dari           radiator ke blok mesin atau sebaliknya.


3.      Si         sistem Pendingin Oli


suatu sistim baru yang digunakan untuk sepeda motor cc 125 keatas untuk kebutuhan kota ataupun jarak dekat. sistim ini digunakan untuk mendinginkan oli yang ada di kalter oli atau panci oli, oli bisa naik ke atas oil cooler karena tekanan dari pompa oli yg sangat tinggi.


soal : 

1. kenapa di butuhkan sisitim pendingin pada sepeda motor ...?

2. apa penyebabnya jika suatu sepeda motor tidak menggunakan pendingin ...?

3. bagaimana kerja pendingin udara ...?

4. kenapa harus di kombinasikan antara pendingin udara dan radiator...?



jawaban di tulis di komentar di bawah ini :

Komentar

  1. Nama : Firmansyah
    Kls: XI TBSM

    1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2.over heating

    3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:



    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus
  2. Nama : Alif Rizki Saturahman
    Kelas : XI TBSM

    1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2.over heating

    3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:



    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus
  3. Nama Farhan Abidin Nugraha. kls ; X1 TBSM
    1.pendinginan digunakan agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur kerja yang ideal. 2. Over heating . 3.Cara kerjanya udara masuk lewat celah fairing atau cover bodi depan (biasanya berbentuk sirip), kemudian masuk ke dalam celah mesin.
    4.agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus

  4. NAMA:BAMBANG RIADI

    Kls:XI-TBSM

    1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2.over heating

    3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:



    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus
  5. Nama:rahmat santoso
    Kelas :XI TBSM
    1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2.over heating

    3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:

    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus

  6. Ahmad Rasid
    Xl TBSM
    1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
    2.sepeda motor akan over heating
    3.Sistem pendingin ini bekerja pada saat sepeda motor melaju atau berjalan, di mana udara akan mengenai sirip – sirip tersebut dan panas mesin dapat dibuang ke udara melalui sirip – sirip mesin tersebut.
    4.agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus
  7. Nama:Jody andry setiawan
    Kelas :XI-TBSM

    1.} agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating. Dan digunakan agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur kerja yang ideal.

    2.} over heating

    3.} Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu::"
    a. Sistem pendinginan udara alami
    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa.
    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4.} agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus
  8. KEFLIN CHRISTIANTO
    KLS Xl TBSM
    1. agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
    2. over heating
    3. Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus
  9. m. rayhan
    xi-TBSM

    1.)AGAR mesin bisa menstabilkan panas di ruang mesin, dan agar mesin tidk overheat

    2.)overheat

    3.) 1.sistem pendingin udara alami yang memakai sirip di bagian blok luar meain
    2.sistem pendingin udara paksa udara yang di sirkulasiakn ke dalam ruang mesin

    4.)agar pendingin lebih efektif supaya mesin tidk terjadi over het

    BalasHapus
  10. Nama :Muhammad Naufal Adam
    Kelas : XI-TBSM

    1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2.over heating

    3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:

    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus

  11. Nama : Aldo Oktaviano.
    Kls: XI TBSM

    1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2.over heating

    3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:



    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus
  12. Rifki firmansah
    Kls:XI-TBSM1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2.over heating

    3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:



    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus
  13. Nama: Sucipno
    Kelas: XI-tbsm

    1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2.over heating

    3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:



    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus
  14. Nama : Wildan Najmi
    Kls : XI-TBSM

    1. Supaya mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2. Over Heating

    3. pada saat sepeda motor melaju atau berjalan, di mana udara akan mengenai sirip – sirip tersebut dan panas mesin dapat dibuang ke udara melalui sirip – sirip mesin tersebut. Jumlah sirip – sirip tersebut sudah dirancang khusus oleh para produsen kendaraan agar didapat pendinginan yang sesuai untuk mencapai suhu kerja mesin yang diinginkan. Bila sirip – sirip itu patah, maka akan sangat mempengaruhi dari suhu mesin

    4. Supaya pendinginannya Lebih efektif agar mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus
  15. NAMA:MOHAMMAD IKHSAN HAFIHZ
    KELAS:XI- TBSM

    1:sistem pendinginan digunakan agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur kerja yang ideal

    2: over heating

    3: Cara kerjanya udara masuk lewat celah fa iri ng atau cover body depan (biasanya berbentuk sirip) kemudian masuk kedalam celah mesin. Hal paling mendasar tentang mesin berpendingin udara ini adalah toleransi mesin terhadap suhu panas cukup tinggi

    4:agar pendinginan lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    2:

    BalasHapus

  16. 1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2.over heating

    3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:



    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus

  17. AKBAR HAIRUL ANAM ASBARI.
    XII-TBSM

    1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2.over heating

    3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:



    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus
  18. Muhammad firmansyah
    XII TBS

    1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2.over heating

    3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:



    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus

  19. MUHAMMAD SYANDI

    1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.

    2.over heating

    3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:



    a. Sistem pendinginan udara alami

    Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.

    Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan

    b.Sistem pendinginan udara paksa

    Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.

    4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TBSM

 Silahkan kalian kirim laporan observasi mengenai tugas terstruktur yg berkelompok kemarin yg sudah kalian buat by email kebonjeruksmk@gmail.com dengan format nama , kelas , jurusan 

MATERI PJJ TDO

  Proses Mesin Konversi Energi Lancang Kuning   -  Pada umumnya pengertian dari mesin konversi energi adalah suatu pesawat yang dapat menghasilkan suatu gerak atau kerja. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa mesin konversi energi adalah suatu pesawat yang dapat berfungsi untuk mengonversikan dan mengubah suatu energi menjadi energi lain. Sehingga menghasilkan suatu usaha ataupun kerja yang dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Prinsip kerja dari mesin ini dengan menggunakan tekanan gas yang dihasilkan dari pembakaran serta udara dan akan menghasilkan sebuah gaya dorong yang dapat membuat suatu batang torak bisa bergerak. Dari gerakan torak tersebut yang kemudian akan menghasilkan perputaran pada poros engkol. Mesin konversi energi yang ada pada mesin diesel ini, pada dasarnya memiliki bahan bakar berupa solar, sedangkan pada mesin otto bahan bakarnya berbeda dari mesin diesel, biasanya menggunakan bahan bakar bensin. Dalam proses pembakarannya mesin diesel ...

Materi Pjj 3.2 Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Bengkel ( PBSM)

 Jakarta - Berbicara mengenai bisnis adalah berbicara tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis berjalan dengan baik, mulai ide bisnis itu sendiri, dalam bidang apakah berbisnis akan dijalankan hingga ke penentuan lokasi usaha strategis yang akan dipilih. Banyak bisnis yang dijalankan oleh orang-orang yang belum memiliki pemahanan dan pengalaman tentang bisnis yang mereka jalankan. Padahal kegagalan berbisnis sangat ditentukan oleh pihak yang mengelola bisnis tersebut. Beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan bisnis di antaranya: 1. Mental Kegagalan bisnis sering terjadi ketika perusahaan mendapatkan masalah dan pengelola perusahaan memiliki mental rendah sehingga mereka hanya pasrah menghadapi masalah tersebut. Seharusnya walaupun perusahaan mengalami kemunduran semua pengelola harus memiliki mental yang kuat agar tetap bisa berpikir positif dalam menghadapi masalah tersebut. 2. Pengetahuan bisnis sendiri Sebelum Anda m...