SISTEM PENDINGINAN SEPEDA MOTOR
Sistem pendinginan sepeda motor berfungsi untuk mendinginkan mesin agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
Sistem pendinginan sepeda motor ada 3 yaitu:
Sistem pendinginan udara
Sistem pendinginan air
sistim pendinginan oli
1. Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang
pendinginan
b. Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
Sistim pendingin udara Sistem pendingin udara banyak digunakan pada sepeda motor dengan cc mesin yang rendah, biasanya dibawah 125 cc, namun bila lebih dari 125 cc biasanya menggunakan sistem pendingin air. Sistem pendingin udara ini biasanya berupa sirip – sirip pada blok mesin dan kepala silinder mesin.
Sistem pendingin ini bekerja pada saat sepeda motor melaju atau berjalan, di mana udara akan mengenai sirip – sirip tersebut dan panas mesin dapat dibuang ke udara melalui sirip – sirip mesin tersebut. Jumlah sirip – sirip tersebut sudah dirancang khusus oleh para produsen kendaraan agar didapat pendinginan yang sesuai untuk mencapai suhu kerja mesin yang diinginkan. Bila sirip – sirip itu patah, maka akan sangat mempengaruhi dari suhu mesin tersebut.
2. Sistem pendinginan air
Sekeliling silinder dan kepala silinder diberikan rongga-rongga berisi air yang disirkulasikan oleh pompa air (water pump). Air yang telah menyerap panas mesin dialirkan ke radiator untuk didinginkan melalui kisi-kisi radiator dan aliran udara yang melaui radiator.
Sistim pendingin air:
Pada sistem pendingin air yang digunkan adalah air sebagai bahan pendinginnya. Komponen – komponen sistem pendingin air adalah sebagai berikut:
1. Radiator: Radiator berfungsi sebagai tempat menampung air sekaligus mendinginkan air yang berasal dan akan dialirkan ke mesin.
2. Water pump : berfungsi untuk mensirkulasikan air ke dalam sistem pendingin.
3. Tutup radiator: berfungsi mengatur tekanan dan suhu air pendingin di dalam radiator.
4. Water jacket: adalah ruang dalam blok mesin dan silinder blok yang menampung dan menghantarkan panas mesin ke air pendingin.
5. Thermostat: berfungsi untuk mengatur suhu kerja mesin dengan cara mengatur sirkulasi air pendingin.
6. Selang : adalah komponen untuk mensirkulasikan air pendingin dari radiator ke blok mesin atau sebaliknya.
3. Si sistem Pendingin Oli
suatu sistim baru yang digunakan untuk sepeda motor cc 125 keatas untuk kebutuhan kota ataupun jarak dekat. sistim ini digunakan untuk mendinginkan oli yang ada di kalter oli atau panci oli, oli bisa naik ke atas oil cooler karena tekanan dari pompa oli yg sangat tinggi.
soal :
1. kenapa di butuhkan sisitim pendingin pada sepeda motor ...?
2. apa penyebabnya jika suatu sepeda motor tidak menggunakan pendingin ...?
3. bagaimana kerja pendingin udara ...?
4. kenapa harus di kombinasikan antara pendingin udara dan radiator...?
jawaban di tulis di komentar di bawah ini :
Nama : Firmansyah
BalasHapusKls: XI TBSM
1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.over heating
3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
Nama : Alif Rizki Saturahman
BalasHapusKelas : XI TBSM
1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.over heating
3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
Nama Farhan Abidin Nugraha. kls ; X1 TBSM
BalasHapus1.pendinginan digunakan agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur kerja yang ideal. 2. Over heating . 3.Cara kerjanya udara masuk lewat celah fairing atau cover bodi depan (biasanya berbentuk sirip), kemudian masuk ke dalam celah mesin.
4.agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
BalasHapusNAMA:BAMBANG RIADI
Kls:XI-TBSM
1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.over heating
3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
Nama:rahmat santoso
BalasHapusKelas :XI TBSM
1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.over heating
3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
BalasHapusAhmad Rasid
Xl TBSM
1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.sepeda motor akan over heating
3.Sistem pendingin ini bekerja pada saat sepeda motor melaju atau berjalan, di mana udara akan mengenai sirip – sirip tersebut dan panas mesin dapat dibuang ke udara melalui sirip – sirip mesin tersebut.
4.agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
Nama:Jody andry setiawan
BalasHapusKelas :XI-TBSM
1.} agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating. Dan digunakan agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur kerja yang ideal.
2.} over heating
3.} Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu::"
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa.
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4.} agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
KEFLIN CHRISTIANTO
BalasHapusKLS Xl TBSM
1. agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2. over heating
3. Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
m. rayhan
BalasHapusxi-TBSM
1.)AGAR mesin bisa menstabilkan panas di ruang mesin, dan agar mesin tidk overheat
2.)overheat
3.) 1.sistem pendingin udara alami yang memakai sirip di bagian blok luar meain
2.sistem pendingin udara paksa udara yang di sirkulasiakn ke dalam ruang mesin
4.)agar pendingin lebih efektif supaya mesin tidk terjadi over het
Nama :Muhammad Naufal Adam
BalasHapusKelas : XI-TBSM
1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.over heating
3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
BalasHapusNama : Aldo Oktaviano.
Kls: XI TBSM
1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.over heating
3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
Rifki firmansah
BalasHapusKls:XI-TBSM1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.over heating
3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
Nama: Sucipno
BalasHapusKelas: XI-tbsm
1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.over heating
3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
Nama : Wildan Najmi
BalasHapusKls : XI-TBSM
1. Supaya mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2. Over Heating
3. pada saat sepeda motor melaju atau berjalan, di mana udara akan mengenai sirip – sirip tersebut dan panas mesin dapat dibuang ke udara melalui sirip – sirip mesin tersebut. Jumlah sirip – sirip tersebut sudah dirancang khusus oleh para produsen kendaraan agar didapat pendinginan yang sesuai untuk mencapai suhu kerja mesin yang diinginkan. Bila sirip – sirip itu patah, maka akan sangat mempengaruhi dari suhu mesin
4. Supaya pendinginannya Lebih efektif agar mesin tidak terjadi over heating
NAMA:MOHAMMAD IKHSAN HAFIHZ
BalasHapusKELAS:XI- TBSM
1:sistem pendinginan digunakan agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur kerja yang ideal
2: over heating
3: Cara kerjanya udara masuk lewat celah fa iri ng atau cover body depan (biasanya berbentuk sirip) kemudian masuk kedalam celah mesin. Hal paling mendasar tentang mesin berpendingin udara ini adalah toleransi mesin terhadap suhu panas cukup tinggi
4:agar pendinginan lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
2:
BalasHapus1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.over heating
3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
BalasHapusAKBAR HAIRUL ANAM ASBARI.
XII-TBSM
1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.over heating
3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
Muhammad firmansyah
BalasHapusXII TBS
1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.over heating
3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating
BalasHapusMUHAMMAD SYANDI
1.agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
2.over heating
3.Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan
b.Sistem pendinginan udara paksa
Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.
4. agar pendinginan Lebih efektif supaya mesin tidak terjadi over heating