Langsung ke konten utama

 

Perawatan dan Pemeriksaan Rem Tromol Mekanik

Rem tromol sepeda motor umumnya  adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram. Rem tromol mekanik bekerja dengan perantaraan kawat rem yang dihbungkan ke handel rem di stang kemudi. Jika handel rem ditarik maka kampas rem akan mengembang sehingga bersinggungan dengan tromol bagian dalam. Pada saat mengembang sehingga bersinggungan dengan tromol bagian dalam tersebut. Akibatnya akan terjadi perlambatan laju sepeda motor. Semakin kuat gesekannya akan semakin besar perlambatannya sehingga sepeda motor berhenti.

Baik dan tidaknya kerja rem sangat dipengaruhi oleh kuat dan tidaknya gesekan yang terjadi antara kampas rem dengan tromolnya. Kuat dan tidak gesekan tersebut sangat dipengaruhi oleh kekasaran kampas rem dan tromolnya, ketebalan kampas rem, kerataan permukaan dalam tromol serta besarnya penekanan kampas terhadap tromolnya. Permukaan kampas dan tromol rem yang licin karena minyak atau air perlu dibersihkan kemudian diamril. Permukaan dalam tromol rem yang tidak rata harus diratakan dengan cara dibubut.

Kawat rem juga mempengaruhi kerja rem tromol mekanik. Kawat yang molor akan mempengaruhi celah antara kampas  dan tromol rem sehingga rem perlu disetel lagi. Penyetelan rem ada pada bagian bawah dekat dengan tromol dan bagian atas pada handel rem. Keduanya harus disetel dengan baik. Pada beberapa sepeda motor tertentu ada tanda pada tuas dekat penyetel rem tromol untuk mengetahui ketebalan kampas remnya. Jika tanda sudah menunjukkan pada batas akhir ketebalan kampas rem maka kampas rem harus diganti.

Pemeriksaan. penyetelan dan perawatan rem tromol mekanik sepeda motor:
  1. Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
  2. Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set. 
    Perawatan dan Pemeriksaan Rem Tromol Mekanik

    Perawatan dan Pemeriksaan Rem Tromol Mekanik
  3. Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut. 
  4. Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
  5. Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

soal :
1. bagaimana cara melakukan perbaikan sistim pengereman...?
2. Simpulkan materi di atas ...?
3. Buatlah pertanyaan min 5 mengenai pertanyaan di atas...?

Komentar

  1. Nama: Albi Prasetyo
    Kelas: XI-TBSM

    1. -Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. (1) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    (2) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    (3) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    (4) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    (5) Apa yang dimaksud Cakram?

    BalasHapus
  2. Nama: Abdul Hakim
    Kelas: XI-TBSM

    1. -Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. (1) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    (2) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    (3) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    (4) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    (5) Apa yang dimaksud Cakram?

    BalasHapus
  3. Rifki firmansah
    XI-TBSM

    1. -Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. (1) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    (2) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    (3) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    (4) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    (5) Apa yang dimaksud Cakram?

    BalasHapus
  4. Nama : Firmansyah
    Kelas : XI TBSM

    1. -Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. (1) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    (2) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    (3) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    (4) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    (5) Apa yang dimaksud Cakram?

    BalasHapus
  5. Nama:Rahmat Santoso
    Kelas: XI-TBSM

    1. -Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    BalasHapus
  6. Nama: AHMAD FERDIANSYAH
    Kelas: XI-TBSM

    1. -Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. (1) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    (2) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    (3) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    (4) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    (5) Apa yang dimaksud Cakram?

    BalasHapus

  7. Ahmad Rasid
    Xl TBSM

    1.-Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. 1).Apa yang dimaksud Cakram?
    2).Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    3).Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    4). Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    5). Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)

    BalasHapus
  8. KEFLIN CHRISTIANTO
    Kls Xl-TBSM
    (1).Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.
    (2). Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    (3)~1}Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    ~2}Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    ~3}Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    ~4}Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    ~5} Apa yang dimaksud Cakram?

    BalasHapus
  9. Nama : Muhammad Naufal Adam
    XI Tsm

    1. -Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. (1) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    (2) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    (3) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    (4) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    (5) Apa yang dimaksud Cakram?

    BalasHapus


  10. Nama:Aldo Oktaviano
    Kelas:XI_TBSM

    1. -Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. (1) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    (2) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    (3) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    (4) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    (5) Apa yang dimaksud Cakram?

    BalasHapus
  11. NAMA:Rizky Irawan
    KELAS: XI-TBSM


    1. -Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. (1) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    (2) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    (3) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    (4) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    (5) Apa yang dimaksud Cakram?

    BalasHapus
  12. NAMA :MOHAMMAD IKHSAN HAFIHZ

    KELAS: XI- TBSM

    PENGGANTIAN MINYAK REM

    * SEBELUM MEMBUKA TUTUP RESERVOIR, PUTAR HANDLE BAR SAMPAI MINYAK REM PADA POSISI MENDATAR. PISAHKAN TEMPATKAN DI TEMPAT YANG AMAN. BARANG - BARANG YANG DI CAT, PLASTIC, KARET, AGAR DITUTUP KAIN, PADA SAAT MELAKUKAN SERVICE ATAU PENGGANTIAN MINYAK REM.

    PERIKSA MASTER SILINDER TERHADAP GORESAN, KEAUSAN UKUR DIAMETER DALAM PADA BEBERAPA TEMPAT GANTI MASTER SILINDER JIKA UKURAN TERBESAR MELEBIHI BATAS SERVICE YANG DI IJINKAN.

    PERIKSA LAH PISTON MASTER TERHADAP GORESAN KEAUSAN UKUR DIAMETER LUAR PISTON PADA BEBERAPA TEMPAT GANTI PISTON MASTER JIKA UKURAN TERKECIL LEBIH KECIL DARI BATAS SERVICE YANG DI IJINKAN.

    * PERIKSA KAMPAS REM DAN MELAKUKAN PERGANTIAN APABILA KAMPAS REM MULAI MENIPIS.

    2: SISTEM REM PADA KENDARAAN HARUS BERFUNGSI DENGAN BAIK, MENGINGAT FUNGSINYA SANGAT PENTING UNTUK PENGENDARA. SEPEDA MOTOR SAAT INI KEBANYAKKAN SUDAH MULAI MENGGUNAKAN SISTEM REM CAKRAM. REM CAKRAM DI NILAI LEBIH UNGGUL DARI REM TROMOL. REM CAKRAM MEMILIKI BEBAN BERAT YANG LEBIH RINGAN DI BANDING DENGAN REM TROMOL. KEMUDIAN REM CAKRAM UNTUK PENDINGINAN NYA LEBIH BAIK DARI REM TROMOL

    UKUR KETEBALAN CAKRAM PADA BEBERAPA TEMPAT DAN DI GANTI JIKA HASIL PENGUKURAN TERKECIL LEBIH KECIL DARI BATAS SERVICE YANG DI IJINKAN.

    CHECK KEOLENGAN CAKRAM PERIKSA BANTALAN RODA DARI KEOLENGAN BILA BANTALAN RODA NORMAL DAN CAKRAM OLENG, MAKA GANTI CAKRAM NYA.

    UNTUK MENJAGA KINERJA REM, MAKA ANDA PERLU MELAKUKAN PEMERIKSAAN DAN PERAWATAN YANG RUTIN TERHADAP SISTEM REM NYA, SERING CEK KETEBALAN DARI KAMPAS ATAU PADA REM NYA.

    3: (1) APA SAJA KOMPONEN PADA REM.
    (2) KAPAN SEBAIKNYA DI LAKUKAN PENGECEKAN REM.

    (3) APA SAJA JENIS JENIS REM SEPEDA MOTOR.

    (4) BAGAIMANA CARA KERJA REM

    (5) APA SAJA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI REM CAKRAM.

    BalasHapus
  13. 1. -Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. (1) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    (2) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    (3) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    (4) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    (5) Apa yang dimaksud Cakram?

    BalasHapus
  14. Nama : Wildan Najmi
    Kelas : XI-TBSM

    1. Cara Melakukan sistem pengereman.
    - Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    - Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    - Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    - Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    - Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Sistem rem sangat penting bagi sebuah kendaraan, karena sistem rem tersebut merupakan salah satu sistem pengaman bagi pengemudi pada sebuah kendaraan saat mengendarai kendaraan.

    3. 1.) Apa yang dimaksud Rem Cakram..?
    2.) Apa pentingnya menggunakan rem cakram..?
    3.) Bagaimana cara mengatasi Rem yang tidak mau berfungsi..?
    4.) Bagaimana cara membuka Kaliper..?
    5.) Cara membuka dan memasang kampas rem cakram..?

    BalasHapus
  15. NAMA: JODY ANDRY SETIAWAN
    KELAS: XI-TBSM

    1.} # Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.

    # Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.

    # Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.

    # Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.

    # Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2.} Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram

    3.} 1.) Apa yang dimaksud Cakram?

    2.) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?

    3.) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?

    4.) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?

    5.) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)

    BalasHapus
  16. Nama:Alif Rizki Saturahman
    Kelas: XI TBSM

    1. -Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. (1) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    (2) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    (3) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    (4) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    (5) Apa yang dimaksud Cakram?

    BalasHapus
  17. Nama; Farhan Abidin Nugraha
    Kelas;X1 TBSM

    1. Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. (1) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    (2) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    (3) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    (4) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    (5) Apa yang dimaksud Cakram?.

    BalasHapus
  18. Nama: sucipno
    Kelas: XI-TBSM


    1. -Lepas roda belakang dan bongkar unit rem tromol.
    -Periksa permukaan kampas rem. Permukaan yang licin harus digosokk dengan amril kasar. Setelah diamril bersihkan serbuknya dengan sikat halus. Ukur ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan maka kampas rem harus diganti. Penggantian kampas rem harus satu set.
    -Periksa pemukaan dalam tromol rem. Jika terdapat oli,keringkan dengan kain. Setelah itu gosoklah tromol rem bagian dalam dengan amril. Tujuan penggosokkan permukaan dalam tromol tersebut adalah agar pengereman terjadi dengan sebaik - baiknya. Ukur pula diameter tromol bagian dalam. Diameter dalam yang di luar ketentuan, tromolnya harus diganti. Jika diameter dalam tromol tidak sam berarti sudah oval. Hal ini akan mengakibatkan pengereman tidak baik ( bergetar). Untuk memperbaikinya, tromol harus dibubut.
    -Periksa keadaan pegas pengembalinya. Pegas yang telah lemah, patah, atau macet harus diganti dengan yang baik.
    -Rakit kembali komponen - komponen yang telah dibongkar dan lakukan penyetelan pada kawat rem tromol untuk menyetel kedalaman pengeremannya.

    2. Rem tromol sepeda motor umumnya adalah rem tromol mekanik. Hampir semua sepeda motor menggunakan rem tromol mekanik untuk mengerem roda belakangnya. Sedangkan pengereman untuk roda depan sebagian sepeda motor menggunakan rem cakram.

    3. (1) Bagaimana cara mengetahui Kampas Rem depan maupun belakang?
    (2) Bagaimana cara mengatasi Rem Blong secara tiba-tiba?
    (3) Bagaimana cara mengatasi Cakram tersangkut pada kaliper? (Gancet)
    (4) Bagaimana cara untuk mengecek minyak Rem?
    (5) Apa yang dimaksud Cakram?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TBSM

 Silahkan kalian kirim laporan observasi mengenai tugas terstruktur yg berkelompok kemarin yg sudah kalian buat by email kebonjeruksmk@gmail.com dengan format nama , kelas , jurusan 

MATERI PJJ TDO

  Proses Mesin Konversi Energi Lancang Kuning   -  Pada umumnya pengertian dari mesin konversi energi adalah suatu pesawat yang dapat menghasilkan suatu gerak atau kerja. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa mesin konversi energi adalah suatu pesawat yang dapat berfungsi untuk mengonversikan dan mengubah suatu energi menjadi energi lain. Sehingga menghasilkan suatu usaha ataupun kerja yang dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Prinsip kerja dari mesin ini dengan menggunakan tekanan gas yang dihasilkan dari pembakaran serta udara dan akan menghasilkan sebuah gaya dorong yang dapat membuat suatu batang torak bisa bergerak. Dari gerakan torak tersebut yang kemudian akan menghasilkan perputaran pada poros engkol. Mesin konversi energi yang ada pada mesin diesel ini, pada dasarnya memiliki bahan bakar berupa solar, sedangkan pada mesin otto bahan bakarnya berbeda dari mesin diesel, biasanya menggunakan bahan bakar bensin. Dalam proses pembakarannya mesin diesel ...

Materi Pjj 3.2 Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Bengkel ( PBSM)

 Jakarta - Berbicara mengenai bisnis adalah berbicara tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis berjalan dengan baik, mulai ide bisnis itu sendiri, dalam bidang apakah berbisnis akan dijalankan hingga ke penentuan lokasi usaha strategis yang akan dipilih. Banyak bisnis yang dijalankan oleh orang-orang yang belum memiliki pemahanan dan pengalaman tentang bisnis yang mereka jalankan. Padahal kegagalan berbisnis sangat ditentukan oleh pihak yang mengelola bisnis tersebut. Beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan bisnis di antaranya: 1. Mental Kegagalan bisnis sering terjadi ketika perusahaan mendapatkan masalah dan pengelola perusahaan memiliki mental rendah sehingga mereka hanya pasrah menghadapi masalah tersebut. Seharusnya walaupun perusahaan mengalami kemunduran semua pengelola harus memiliki mental yang kuat agar tetap bisa berpikir positif dalam menghadapi masalah tersebut. 2. Pengetahuan bisnis sendiri Sebelum Anda m...