Langsung ke konten utama

MATERI PJJ 3.4 DIAGRAM SISTIM KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR ( PLSM )




 Gambar dia atas adalah rangkaian system stater sepeda motor supra. Pada materi ini akan lebih spesifik arah aliran arus yang terjadi didalam motor stater itu sendiri. On off rangkaian kelistrikan sepeda motor.

Pemeriksaan dan pengukuran komponen motor starter. Seringkali saya menemui masalah yang kadang hanya sepele kabel masa kendor kabel api kendor atau hanya karena sekring yang putus. Masq pnya keluhan pd motor starter qaki normal tp motor starter gak maw nyala trus aq tes pd rellay x langsung aq sambung gt tp gak ada percikan listriktp timbul suara teeeekkteeegni bru terjadi 2 mingguan.

Gambar wiring diagram rangkaian motor starter have a graphic from the othergambar wiring diagram rangkaian motor starter it also will feature a picture of a sort that might be seen in the gallery of gambar wiring diagram rangkaian motor starter. Gambar rangkaian sistem kelistrikan motor stater saat posisi stater on 2. Cara kerja sistem starter sistem starter starting system adalah sebuah rangkaian mekatronika yang berfungsi memutar poros engkol menggunakan energi listrik saat akan menyalakan mesin.

The collection that comprising chosen picture and the best among others. Fungsi utama sistem starter adalah untuk menggantikan fungsi manual starter atau kick starter pada mesin sepeda motor. Seperti terjadinya pull in coil hold in coil dan bagaimana proses motor stater bisa berputar.

Cara kerja motor stater. 3 kunci kontak berfungsi sebagai saklar utama untuk menghubung dan memutus on off rangkaian kelistrikan sepeda motor. Namanya rangkaian direct online dol starter.

4 saklar starter starter switch. Ghan mau tanya nih tau gak bdanya kelistrikan. Sistem kelistrikan starter mobil dinamo starter mobil motor starter mobil kelistrikan mobil kelistrikan dinamo motor starter mobil masalah sistem kelistrikan dinamo starter mobil harga dinamo starter mobil kabel body mobil urut kabel body alternatordinamo amper tekor tidak ngisi korsleting mobil setrum massa mobil over charge listrik kelistrikan mobil sistem kelistrikan mobil.

Reduction type starter motor. Kelistrikan sistem starter mobil starting system. 4 relay starter magnetic switch sebagai relay utama sistem starter yang berfungsi untuk mengurangi rugi tegangan yang disalurkan dari baterai ke motor starter.

http://contohpidatodansoallengkap288.blogspot.com/2017/05/gambar-rangkaian-kelistrikan-motor.html

SOAL :

1. JELASKAN ALUR KELISTRIKAN SISTIM STARTER...?

2. APA FUNGSI BATRAI ...?

3.APA FUNGSI REALAY STARTER ...?

4. APA FUNGSI STARTER...?

5. PENYEBAB APA SAJA YG MENGAKIBATKAN SUATU STARTER RUSAK , DAN BAGAIMANA MEMPERBAIKINYA ...?

Komentar


  1. Ahmad Rasid
    XI TBSM


    1.Cara Kerja Sistem Motor Starter
    Cara kerja motor starter, dimulai ketika kita memutar kunci kontak. Saat kunci kontak berada di posisi “ON” relay utama atau main relay akan terhubung, menyebabkan arus dari baterai mengalir ke semua sistem kelistrikan mobil.
    2.untuk menyalurkan tegangan listrik ke dinamo stater
    3.berfungsi untuk mengurangi rugi tegangan yang disalurkan dari baterai ke motor starter.
    4.stater berfungsi untuk menyalakan sepeda motor tanpa menyela motor tersebut.
    5.-kabel masa kendor
    - Sekring terputus
    -Periksa kabel stater apakah ada yg kendor atau tidak.
    -Lihat sekring apakah terputus atau tidak

    BalasHapus
  2. Nama : Muhammad Naufal Adam
    Kelas : XI TSM

    1.Cara Kerja Sistem Motor Starter
    Cara kerja motor starter, dimulai ketika kita memutar kunci kontak. Saat kunci kontak berada di posisi “ON” relay utama atau main relay akan terhubung, menyebabkan arus dari baterai mengalir ke semua sistem kelistrikan mobil.

    2.untuk menyalurkan tegangan listrik ke dinamo stater

    3.berfungsi untuk mengurangi rugi tegangan yang disalurkan dari baterai ke motor starter.

    4.stater berfungsi untuk menyalakan sepeda motor tanpa menyela motor tersebut.

    5.-kabel masa kendor
    - Sekring terputus
    -Periksa kabel stater apakah ada yg kendor atau tidak.
    -Lihat sekring apakah terputus atau tidak

    BalasHapus
  3. Rifki firmansah
    Kls:XI-TBSM

    1.Kerja motor starter bermula dari baterai 12 V. Baterai penuh maka kemungkinan motor starter akan bekerja sangat besar sekali. Arus dari baterai secara langsung mengalir ke kunci kontak dan Terminal 30 baterai.
    Arus yang masuk ke kunci kontak sebelumnya melalui sebuah sekring dan akan mengalir ke relay motor starter saat kunci kontak dalam posisi start (ST). Dari relay, terminal 85 atau 86 dihubungkan dengan kontrak netral. Jika kontrak netral telah tersambung maka akan tersambung dengan ground dan akan terbentuk magnet pada relay.
    Terbentuknya magnet pada relay akan menghubungkan terminal 30 dan 87 relay sehingga arus mengalir ke terminal ST pada motor starter. Saat inilah akan terjadi kemagnetan pada solenoid dan arus akan terhubung pada motor starter. Dengan seketika motor starter akan hidup selama Anda menahan kunci kontak pada posisi ST.
    Motor starter akan mati sesaat Anda melepaskan konci kontak dari posisi ST ke posisi ON. Dan ketika di posisi ST maka motor starter akan hidup kembali. Ini akan berlangsung secara terus menerus seperti itu.

    2.Fungsi baterai adalah menyediakan arus listrik bagi peralatan elektronik. Baterai menyimpan energi potensi listrik dalam bentuk sel elektrokimia (sel volta). Ketika kutub posittif dan negatif baterai di hubungkan, potensi listrik kedua kutub akan menyebabkan arus listrik mengalir.

    3.Relay starter ini fungsinya sebagai jembatan penghubung antara kontak, aki dan dinamo starter di motor,”

    4.starter berfungsi untuk memutarkan fly wheel (poros engkol) pertama kali sehingga mesin dapat hidup setelah itu terjadi siklus yang akan menghasilkan tenaga. Dengan begitu, melalui penggunaan starter dapat menjadikan proses menghidupkan kendaraan lebih cepat.

    5.-Fuse atau sekering putus
    umumnya fuse starter berkisar 20 Amps saat ada listrik mengalir lebih dari 20 ampere maka fuse akan terputus. Artinya jangan langsung memgganti fuse karena gejala fuse putus bisa menunjukan bahwa ada short atau kosleting pada rangkaian starter.

    -Kabel starter terbakar
    Biasanya lokasi terbakarnya kabel itu berada pada area yang mengalami short. namun umumnya terbakarnya kabel tidak terjadi saat anda langsung memperbaiki fuse yang putus itu.

    -Baterai habis
    solusi masalah ini yakni dengan melakukan penggatian baterai atau pengisian ulang jika memungkinkan.

    -kerusakanDynamo starter
    Pergantian dengan kabel kelistrikan yang baru akan lebih baik jika kondisi kabel sudah banyak ditemukan terluka atau rusak bahkan jika sudah banyak mengalami putus dan sambung selama perbaikan.


    -Kerusakan pada coil starterlangkah perbaikannya biasanya bisa dilakukan perbaikan oleh tukang dinamo, tapoi jika ternyata ada kerusakan yang cukup parah seperti bekas terbakar maka harus diganti.

    BalasHapus
  4. M.rayhan
    Xi-tbsm
    1.Cara Kerja Sistem Motor Starter
    Cara kerja motor starter, dimulai ketika kita memutar kunci kontak. Saat kunci kontak berada di posisi “ON” relay utama atau main relay akan terhubung, menyebabkan arus dari baterai mengalir ke semua sistem kelistrikan mobil.

    2.untuk menyalurkan tegangan listrik ke dinamo stater

    3.berfungsi untuk mengurangi rugi tegangan yang disalurkan dari baterai ke motor starter.

    4.stater berfungsi untuk menyalakan sepeda motor tanpa menyela motor tersebut.

    5.-kabel masa kendor
    - Sekring terputus
    -Periksa kabel stater apakah ada yg kendor atau tidak.
    -Lihat sekring apakah terputus atau tidak

    BalasHapus
  5. Nama : FIRMANSYAH
    KELAS : XI TBSM

    1.Kerja motor starter bermula dari baterai 12 V. Baterai penuh maka kemungkinan motor starter akan bekerja sangat besar sekali. Arus dari baterai secara langsung mengalir ke kunci kontak dan Terminal 30 baterai.
    Arus yang masuk ke kunci kontak sebelumnya melalui sebuah sekring dan akan mengalir ke relay motor starter saat kunci kontak dalam posisi start (ST). Dari relay, terminal 85 atau 86 dihubungkan dengan kontrak netral. Jika kontrak netral telah tersambung maka akan tersambung dengan ground dan akan terbentuk magnet pada relay.
    Terbentuknya magnet pada relay akan menghubungkan terminal 30 dan 87 relay sehingga arus mengalir ke terminal ST pada motor starter. Saat inilah akan terjadi kemagnetan pada solenoid dan arus akan terhubung pada motor starter. Dengan seketika motor starter akan hidup selama Anda menahan kunci kontak pada posisi ST.
    Motor starter akan mati sesaat Anda melepaskan konci kontak dari posisi ST ke posisi ON. Dan ketika di posisi ST maka motor starter akan hidup kembali. Ini akan berlangsung secara terus menerus seperti itu.

    2.Fungsi baterai adalah menyediakan arus listrik bagi peralatan elektronik. Baterai menyimpan energi potensi listrik dalam bentuk sel elektrokimia (sel volta). Ketika kutub posittif dan negatif baterai di hubungkan, potensi listrik kedua kutub akan menyebabkan arus listrik mengalir.

    3.Relay starter ini fungsinya sebagai jembatan penghubung antara kontak, aki dan dinamo starter di motor,”

    4.starter berfungsi untuk memutarkan fly wheel (poros engkol) pertama kali sehingga mesin dapat hidup setelah itu terjadi siklus yang akan menghasilkan tenaga. Dengan begitu, melalui penggunaan starter dapat menjadikan proses menghidupkan kendaraan lebih cepat.

    5.-Fuse atau sekering putus
    umumnya fuse starter berkisar 20 Amps saat ada listrik mengalir lebih dari 20 ampere maka fuse akan terputus. Artinya jangan langsung memgganti fuse karena gejala fuse putus bisa menunjukan bahwa ada short atau kosleting pada rangkaian starter.

    -Kabel starter terbakar
    Biasanya lokasi terbakarnya kabel itu berada pada area yang mengalami short. namun umumnya terbakarnya kabel tidak terjadi saat anda langsung memperbaiki fuse yang putus itu.

    -Baterai habis
    solusi masalah ini yakni dengan melakukan penggatian baterai atau pengisian ulang jika memungkinkan.

    -kerusakanDynamo starter
    Pergantian dengan kabel kelistrikan yang baru akan lebih baik jika kondisi kabel sudah banyak ditemukan terluka atau rusak bahkan jika sudah banyak mengalami putus dan sambung selama perbaikan.


    -Kerusakan pada coil starterlangkah perbaikannya biasanya bisa dilakukan perbaikan oleh tukang dinamo, tapoi jika ternyata ada kerusakan yang cukup parah seperti bekas terbakar maka harus digan

    BalasHapus

  6. Nama:BAMBANG RIADI
    Kls:XI-TBSM

    1.Kerja motor starter bermula dari baterai 12 V. Baterai penuh maka kemungkinan motor starter akan bekerja sangat besar sekali. Arus dari baterai secara langsung mengalir ke kunci kontak dan Terminal 30 baterai.
    Arus yang masuk ke kunci kontak sebelumnya melalui sebuah sekring dan akan mengalir ke relay motor starter saat kunci kontak dalam posisi start (ST). Dari relay, terminal 85 atau 86 dihubungkan dengan kontrak netral. Jika kontrak netral telah tersambung maka akan tersambung dengan ground dan akan terbentuk magnet pada relay.
    Terbentuknya magnet pada relay akan menghubungkan terminal 30 dan 87 relay sehingga arus mengalir ke terminal ST pada motor starter. Saat inilah akan terjadi kemagnetan pada solenoid dan arus akan terhubung pada motor starter. Dengan seketika motor starter akan hidup selama Anda menahan kunci kontak pada posisi ST.
    Motor starter akan mati sesaat Anda melepaskan konci kontak dari posisi ST ke posisi ON. Dan ketika di posisi ST maka motor starter akan hidup kembali. Ini akan berlangsung secara terus menerus seperti itu.

    2.Fungsi baterai adalah menyediakan arus listrik bagi peralatan elektronik. Baterai menyimpan energi potensi listrik dalam bentuk sel elektrokimia (sel volta). Ketika kutub posittif dan negatif baterai di hubungkan, potensi listrik kedua kutub akan menyebabkan arus listrik mengalir.

    3.Relay starter ini fungsinya sebagai jembatan penghubung antara kontak, aki dan dinamo starter di motor,”

    4.starter berfungsi untuk memutarkan fly wheel (poros engkol) pertama kali sehingga mesin dapat hidup setelah itu terjadi siklus yang akan menghasilkan tenaga. Dengan begitu, melalui penggunaan starter dapat menjadikan proses menghidupkan kendaraan lebih cepat.

    5.-Fuse atau sekering putus
    umumnya fuse starter berkisar 20 Amps saat ada listrik mengalir lebih dari 20 ampere maka fuse akan terputus. Artinya jangan langsung memgganti fuse karena gejala fuse putus bisa menunjukan bahwa ada short atau kosleting pada rangkaian starter.

    -Kabel starter terbakar
    Biasanya lokasi terbakarnya kabel itu berada pada area yang mengalami short. namun umumnya terbakarnya kabel tidak terjadi saat anda langsung memperbaiki fuse yang putus itu.

    -Baterai habis
    solusi masalah ini yakni dengan melakukan penggatian baterai atau pengisian ulang jika memungkinkan.

    -kerusakanDynamo starter
    Pergantian dengan kabel kelistrikan yang baru akan lebih baik jika kondisi kabel sudah banyak ditemukan terluka atau rusak bahkan jika sudah banyak mengalami putus dan sambung selama perbaikan.


    -Kerusakan pada coil starterlangkah perbaikannya biasanya bisa dilakukan perbaikan oleh tukang dinamo, tapoi jika ternyata ada kerusakan yang cukup parah seperti bekas terbakar maka harus diganti

    BalasHapus
  7. Nama :Rahmat santoso
    KELAS : XI TBSM

    1.Kerja motor starter bermula dari baterai 12 V. Baterai penuh maka kemungkinan motor starter akan bekerja sangat besar sekali. Arus dari baterai secara langsung mengalir ke kunci kontak dan Terminal 30 baterai.
    Arus yang masuk ke kunci kontak sebelumnya melalui sebuah sekring dan akan mengalir ke relay motor starter saat kunci kontak dalam posisi start (ST). Dari relay, terminal 85 atau 86 dihubungkan dengan kontrak netral. Jika kontrak netral telah tersambung maka akan tersambung dengan ground dan akan terbentuk magnet pada relay.
    Terbentuknya magnet pada relay akan menghubungkan terminal 30 dan 87 relay sehingga arus mengalir ke terminal ST pada motor starter. Saat inilah akan terjadi kemagnetan pada solenoid dan arus akan terhubung pada motor starter. Dengan seketika motor starter akan hidup selama Anda menahan kunci kontak pada posisi ST.
    Motor starter akan mati sesaat Anda melepaskan konci kontak dari posisi ST ke posisi ON. Dan ketika di posisi ST maka motor starter akan hidup kembali. Ini akan berlangsung secara terus menerus seperti itu.

    2.Fungsi baterai adalah menyediakan arus listrik bagi peralatan elektronik. Baterai menyimpan energi potensi listrik dalam bentuk sel elektrokimia (sel volta). Ketika kutub posittif dan negatif baterai di hubungkan, potensi listrik kedua kutub akan menyebabkan arus listrik mengalir.

    3.Relay starter ini fungsinya sebagai jembatan penghubung antara kontak, aki dan dinamo starter di motor,”

    4.starter berfungsi untuk memutarkan fly wheel (poros engkol) pertama kali sehingga mesin dapat hidup setelah itu terjadi siklus yang akan menghasilkan tenaga. Dengan begitu, melalui penggunaan starter dapat menjadikan proses menghidupkan kendaraan lebih cepat.

    5.-Fuse atau sekering putus
    umumnya fuse starter berkisar 20 Amps saat ada listrik mengalir lebih dari 20 ampere maka fuse akan terputus. Artinya jangan langsung memgganti fuse karena gejala fuse putus bisa menunjukan bahwa ada short atau kosleting pada rangkaian starter.

    -Kabel starter terbakar
    Biasanya lokasi terbakarnya kabel itu berada pada area yang mengalami short. namun umumnya terbakarnya kabel tidak terjadi saat anda langsung memperbaiki fuse yang putus itu.

    -Baterai habis
    solusi masalah ini yakni dengan melakukan penggatian baterai atau pengisian ulang jika memungkinkan.

    -kerusakanDynamo starter
    Pergantian dengan kabel kelistrikan yang baru akan lebih baik jika kondisi kabel sudah banyak ditemukan terluka atau rusak bahkan jika sudah banyak mengalami putus dan sambung selama perbaikan.


    -Kerusakan pada coil starterlangkah perbaikannya biasanya bisa dilakukan perbaikan oleh tukang dinamo, tapoi jika ternyata ada kerusakan yang cukup parah seperti bekas terbakar maka harus digan

    BalasHapus
  8. Nama: JODY ANDRY SETIAWAN
    Kelas :Xl-TBSM

    1. Kerja motor starter bermula dari baterai 12 V. Baterai penuh maka kemungkinan motor starter akan bekerja sangat besar sekali. Arus dari baterai secara langsung mengalir ke kunci kontak dan Terminal 30 baterai.
    Arus yang masuk ke kunci kontak sebelumnya melalui sebuah sekring dan akan mengalir ke relay motor starter saat kunci kontak dalam posisi start (ST). Dari relay, terminal 85 atau 86 dihubungkan dengan kontrak netral. Jika kontrak netral telah tersambung maka akan tersambung dengan ground dan akan terbentuk magnet pada relay.
    Terbentuknya magnet pada relay akan menghubungkan terminal 30 dan 87 relay sehingga arus mengalir ke terminal ST pada motor starter. Saat inilah akan terjadi kemagnetan pada solenoid dan arus akan terhubung pada motor starter. Dengan seketika motor starter akan hidup selama Anda menahan kunci kontak pada posisi ST.
    Motor starter akan mati sesaat Anda melepaskan konci kontak dari posisi ST ke posisi ON. Dan ketika di posisi ST maka motor starter akan hidup kembali. Ini akan berlangsung secara terus menerus seperti itu

    2. untuk menyalurkan tegangan listrik ke dinamo stater

    3. berfungsi untuk mengurangi rugi tegangan yang disalurkan dari baterai ke motor starter.

    4. stater berfungsi untuk menyalakan sepeda motor tanpa menyela motor tersebut.

    5. -Fuse atau sekering putus
    umumnya fuse starter berkisar 20 Amps saat ada listrik mengalir lebih dari 20 ampere maka fuse akan terputus. Artinya jangan langsung memgganti fuse karena gejala fuse putus bisa menunjukan bahwa ada short atau kosleting pada rangkaian starter.

    -Kabel starter terbakar
    Biasanya lokasi terbakarnya kabel itu berada pada area yang mengalami short. namun umumnya terbakarnya kabel tidak terjadi saat anda langsung memperbaiki fuse yang putus itu.

    -Baterai habis
    solusi masalah ini yakni dengan melakukan penggatian baterai atau pengisian ulang jika memungkinkan.

    -kerusakanDynamo starter
    Pergantian dengan kabel kelistrikan yang baru akan lebih baik jika kondisi kabel sudah banyak ditemukan terluka atau rusak bahkan jika sudah banyak mengalami putus dan sambung selama perbaikan.


    -Kerusakan pada coil starterlangkah perbaikannya biasanya bisa dilakukan perbaikan oleh tukang dinamo, tapoi jika ternyata ada kerusakan yang cukup parah seperti bekas terbakar maka harus digan

    BalasHapus
  9. Nama: Farhan Abidin Nugraha
    Kelas: X1-TBSM

    1.Kerja motor starter bermula dari baterai 12 V. Baterai penuh maka kemungkinan motor starter akan bekerja sangat besar sekali. Arus dari baterai secara langsung mengalir ke kunci kontak dan Terminal 30 baterai.
    Arus yang masuk ke kunci kontak sebelumnya melalui sebuah sekring dan akan mengalir ke relay motor starter saat kunci kontak dalam posisi start (ST). Dari relay, terminal 85 atau 86 dihubungkan dengan kontrak netral. Jika kontrak netral telah tersambung maka akan tersambung dengan ground dan akan terbentuk magnet pada relay.
    Terbentuknya magnet pada relay akan menghubungkan terminal 30 dan 87 relay sehingga arus mengalir ke terminal ST pada motor starter. Saat inilah akan terjadi kemagnetan pada solenoid dan arus akan terhubung pada motor starter. Dengan seketika motor starter akan hidup selama Anda menahan kunci kontak pada posisi ST.
    Motor starter akan mati sesaat Anda melepaskan konci kontak dari posisi ST ke posisi ON. Dan ketika di posisi ST maka motor starter akan hidup kembali. Ini akan berlangsung secara terus menerus seperti itu.

    2.Fungsi baterai adalah menyediakan arus listrik bagi peralatan elektronik. Baterai menyimpan energi potensi listrik dalam bentuk sel elektrokimia (sel volta). Ketika kutub posittif dan negatif baterai di hubungkan, potensi listrik kedua kutub akan menyebabkan arus listrik mengalir.

    3.Relay starter ini fungsinya sebagai jembatan penghubung antara kontak, aki dan dinamo starter di motor,”

    4.starter berfungsi untuk memutarkan fly wheel (poros engkol) pertama kali sehingga mesin dapat hidup setelah itu terjadi siklus yang akan menghasilkan tenaga. Dengan begitu, melalui penggunaan starter dapat menjadikan proses menghidupkan kendaraan lebih cepat.











    5 Fuse atau sekering putus
    umumnya fuse starter berkisar 20 Amps saat ada listrik mengalir lebih dari 20 ampere maka fuse akan terputus. Artinya jangan langsung memgganti fuse karena gejala fuse putus bisa menunjukan bahwa ada short atau kosleting pada rangkaian starter.

    -Kabel starter terbakar
    Biasanya lokasi terbakarnya kabel itu berada pada area yang mengalami short. namun umumnya terbakarnya kabel tidak terjadi saat anda langsung memperbaiki fuse yang putus itu.

    -Baterai habis
    solusi masalah ini yakni dengan melakukan penggatian baterai atau pengisian ulang jika memungkinkan.

    -kerusakanDynamo starter
    Pergantian dengan kabel kelistrikan yang baru akan lebih baik jika kondisi kabel sudah banyak ditemukan terluka atau rusak bahkan jika sudah banyak mengalami putus dan sambung selama perbaikan.


    -Kerusakan pada coil starterlangkah perbaikannya biasanya bisa dilakukan perbaikan oleh tukang dinamo, tapoi jika ternyata ada kerusakan yang cukup parah seperti

    BalasHapus
  10. Nama: Albi Prasetyo
    Kelas: XI-TBSM

    1.Kerja motor starter bermula dari baterai 12 V. Baterai penuh maka kemungkinan motor starter akan bekerja sangat besar sekali. Arus dari baterai secara langsung mengalir ke kunci kontak dan Terminal 30 baterai.
    Arus yang masuk ke kunci kontak sebelumnya melalui sebuah sekring dan akan mengalir ke relay motor starter saat kunci kontak dalam posisi start (ST). Dari relay, terminal 85 atau 86 dihubungkan dengan kontrak netral. Jika kontrak netral telah tersambung maka akan tersambung dengan ground dan akan terbentuk magnet pada relay.
    Terbentuknya magnet pada relay akan menghubungkan terminal 30 dan 87 relay sehingga arus mengalir ke terminal ST pada motor starter. Saat inilah akan terjadi kemagnetan pada solenoid dan arus akan terhubung pada motor starter. Dengan seketika motor starter akan hidup selama Anda menahan kunci kontak pada posisi ST.
    Motor starter akan mati sesaat Anda melepaskan konci kontak dari posisi ST ke posisi ON. Dan ketika di posisi ST maka motor starter akan hidup kembali. Ini akan berlangsung secara terus menerus seperti itu.

    2.Fungsi baterai adalah menyediakan arus listrik bagi peralatan elektronik. Baterai menyimpan energi potensi listrik dalam bentuk sel elektrokimia (sel volta). Ketika kutub posittif dan negatif baterai di hubungkan, potensi listrik kedua kutub akan menyebabkan arus listrik mengalir.

    3.Relay starter ini fungsinya sebagai jembatan penghubung antara kontak, aki dan dinamo starter di motor,”

    4.starter berfungsi untuk memutarkan fly wheel (poros engkol) pertama kali sehingga mesin dapat hidup setelah itu terjadi siklus yang akan menghasilkan tenaga. Dengan begitu, melalui penggunaan starter dapat menjadikan proses menghidupkan kendaraan lebih cepat.

    5.-Fuse atau sekering putus
    umumnya fuse starter berkisar 20 Amps saat ada listrik mengalir lebih dari 20 ampere maka fuse akan terputus. Artinya jangan langsung memgganti fuse karena gejala fuse putus bisa menunjukan bahwa ada short atau kosleting pada rangkaian starter.

    -Kabel starter terbakar
    Biasanya lokasi terbakarnya kabel itu berada pada area yang mengalami short. namun umumnya terbakarnya kabel tidak terjadi saat anda langsung memperbaiki fuse yang putus itu.

    -Baterai habis
    solusi masalah ini yakni dengan melakukan penggatian baterai atau pengisian ulang jika memungkinkan.

    -kerusakanDynamo starter
    Pergantian dengan kabel kelistrikan yang baru akan lebih baik jika kondisi kabel sudah banyak ditemukan terluka atau rusak bahkan jika sudah banyak mengalami putus dan sambung selama perbaikan.


    -Kerusakan pada coil starterlangkah perbaikannya biasanya bisa dilakukan perbaikan oleh tukang dinamo, tapoi jika ternyata ada kerusakan yang cukup parah seperti bekas terbakar maka harus diganti.

    BalasHapus
  11. Nama : Alif Rizki Saturahman
    Kelas: XI TBSM


    1.Cara Kerja Sistem Motor Starter
    Cara kerja motor starter, dimulai ketika kita memutar kunci kontak. Saat kunci kontak berada di posisi “ON” relay utama atau main relay akan terhubung, menyebabkan arus dari baterai mengalir ke semua sistem kelistrikan mobil.

    2.untuk menyalurkan tegangan listrik ke dinamo stater

    3.berfungsi untuk mengurangi rugi tegangan yang disalurkan dari baterai ke motor starter.

    4.stater berfungsi untuk menyalakan sepeda motor tanpa menyela motor tersebut.

    5.-kabel masa kendor
    - Sekring terputus
    -Periksa kabel stater apakah ada yg kendor atau tidak.
    -Lihat sekring apakah terputus atau tidak

    BalasHapus
  12. KEFLIN CHRISTIANTO
    Kls Xl-TBSM
    No. 1. Cara Kerja Sistem Motor Starter
    Cara kerja motor starter, dimulai ketika kita memutar kunci kontak. Saat kunci kontak berada di posisi “ON” relay utama atau main relay akan terhubung, menyebabkan arus dari baterai mengalir ke semua sistem kelistrikan mobil.
    2.untuk menyalurkan tegangan listrik ke dinamo stater
    3.berfungsi untuk mengurangi rugi tegangan yang disalurkan dari baterai ke motor starter.
    4.stater berfungsi untuk menyalakan sepeda motor tanpa menyela motor tersebut.
    5-kabel masa kendor
    - Sekring terputus
    -kabel stater apakah ada yg kendor atau
    Tidk
    -lihat sekring apakah terputus atau tidak

    BalasHapus
  13. Nama: Sucipno
    Kelas: XI-TBSM

    1.)Cara Kerja Sistem Motor Starter
    Cara kerja motor starter, dimulai ketika kita memutar kunci kontak. Saat kunci kontak berada di posisi “ON” relay utama atau main relay akan terhubung, menyebabkan arus dari baterai mengalir ke semua sistem kelistrikan mobil.

    2.)untuk menyalurkan tegangan listrik ke dinamo stater

    3.)berfungsi untuk mengurangi rugi tegangan yang disalurkan dari baterai ke motor starter.

    4.)stater berfungsi untuk menyalakan sepeda motor tanpa menyela motor tersebut.

    5.)•kabel masa kendor
    • Sekring terputus
    •Periksa kabel stater apakah ada yg kendor atau tidak.
    •Lihat sekring apakah terputus atau tidak

    BalasHapus
  14. NAMA:MOHAMMAD IKHSAN HAFIHZ

    KELAS:XI- TBSM

    1. CARA KERJA motor starter dimulai ketika kita memutar kunci kontak. Saat kunci kontak berada di posisi on relay utama atau main relay akan terhubung, menyebabkan arus dari baterai mengalir kesemua sistem kelistrikan mobil.

    2. FUNGSI BATERAI adalah menyediakan arus listrik bagi peralatan elektronik. Baterai menyimpan energi potensi listrik dalam bentuk sel elektrokimia ( SEL VOLTA) . Ketika kutub positif dan negatif baterai dihubungkan, potensi listrik kedua kutub akan menyebabkan arus listrik mengalir

    3. realay starter fungsinya sebagai jembatan penghubung antara kontak, aki, dan dinamo starter di motor, terang pardiman, kepala mekanik bengkel takutic motor, kebagusan, Jakarta selatan

    4. Fungsi motor starter- motor starter berfungsi untuk memutarkan FLY WHEEL ( poros engkol) pertama kali sehingga mesin dapat hidup setelah itu terjadi siklus yang akan menghasilkan tenaga..... Dengan begitu, melalui penggunaan starter dapat menjadikan proses menghidupkan kendaraan lebih cepat.


    5. Fuse atau sekering putus umumnya Fuse starter berkisar 20 amps saat ada listrik mengalir lebih dari 20 ampere maka Fuse akan terputus. Artinya jangan langsung mengganti Fuse karena gejala Fuse putus bisa menunjukkan bahwa ada short atau kosleting pada rangkaian starter.

    KABEL STARTER TERBAKAR

    Biasanya lokasi terbakar nya kabel itu berada pada area yang mengalami short. Namun umumnya terbakar nya kabel tidak terjadi saat anda langsung memperbaiki Fuse yang putus.

    KERUSAKAN DYNAMO STARTER

    pergantian dengan kabel kelistrikan yang baru akan lebih baik jika kondisi kabel sudah banyak mengalami putus dan sambung selama perbaikan.

    KERUSAKAN PADA COIL STARTER LANGKAH

    perbaikan biasanya bisa dilakukan perbaikan oleh tukang dinamo, tapoi jika ternyata ada kerusakan yang cukup parah seperti bekas terbakar nya maka harus diganti.

    BalasHapus
  15. 1.Cara Kerja Sistem Motor Starter
    Cara kerja motor starter, dimulai ketika kita memutar kunci kontak. Saat kunci kontak berada di posisi “ON” relay utama atau main relay akan terhubung, menyebabkan arus dari baterai mengalir ke semua sistem kelistrikan mobil.
    2.untuk menyalurkan tegangan listrik ke dinamo stater
    3.berfungsi untuk mengurangi rugi tegangan yang disalurkan dari baterai ke motor starter.
    4.stater berfungsi untuk menyalakan sepeda motor tanpa menyela motor tersebut.
    5.-kabel masa kendor
    - Sekring terputus
    -Periksa kabel stater apakah ada yg kendor atau tidak.
    -Lihat sekring apakah terputus atau tidak

    BalasHapus
  16. NAMA : Hanszak bagus setiawan
    KELAS : XII - Tbsm

    1.) Cara Kerja Sistem Motor Starter
    Cara kerja motor starter, dimulai ketika kita memutar kunci kontak. Saat kunci kontak berada di posisi “ON” relay utama atau main relay akan terhubung, menyebabkan arus dari baterai mengalir ke semua sistem kelistrikan mobil.

    2.) Fungsi baterai adalah menyediakan arus listrik bagi peralatan elektronik. Baterai menyimpan energi potensi listrik dalam bentuk sel elektrokimia (sel volta). Ketika kutub posittif dan negatif baterai di hubungkan, potensi listrik kedua kutub akan menyebabkan arus listrik mengalir.

    3.) berfungsi untuk mengurangi rugi tegangan yang disalurkan dari baterai ke motor starter.

    4.) starter berfungsi untuk memutarkan fly wheel (poros engkol) pertama kali sehingga mesin dapat hidup setelah itu terjadi siklus yang akan menghasilkan tenaga. Dengan begitu, melalui penggunaan starter dapat menjadikan proses menghidupkan kendaraan lebih cepat.

    5.) - kabel masa kendor
    - Sekring terputus
    - Periksa kabel stater apakah
    ada yg kendor atau tidak
    - Lihat sekring apakah terputus
    atau tidak.

    BalasHapus


  17. Akbar Hairul Anam Asbari

    kelas:Xll TSM


    1.Kerja motor starter bermula dari baterai 12 V. Baterai penuh maka kemungkinan motor starter akan bekerja sangat besar sekali. Arus dari baterai secara langsung mengalir ke kunci kontak dan Terminal 30 baterai.
    Arus yang masuk ke kunci kontak sebelumnya melalui sebuah sekring dan akan mengalir ke relay motor starter saat kunci kontak dalam posisi start (ST). Dari relay, terminal 85 atau 86 dihubungkan dengan kontrak netral. Jika kontrak netral telah tersambung maka akan tersambung dengan ground dan akan terbentuk magnet pada relay.
    Terbentuknya magnet pada relay akan menghubungkan terminal 30 dan 87 relay sehingga arus mengalir ke terminal ST pada motor starter. Saat inilah akan terjadi kemagnetan pada solenoid dan arus akan terhubung pada motor starter. Dengan seketika motor starter akan hidup selama Anda menahan kunci kontak pada posisi ST.
    Motor starter akan mati sesaat Anda melepaskan konci kontak dari posisi ST ke posisi ON. Dan ketika di posisi ST maka motor starter akan hidup kembali. Ini akan berlangsung secara terus menerus seperti itu.

    2.Fungsi baterai adalah menyediakan arus listrik bagi peralatan elektronik. Baterai menyimpan energi potensi listrik dalam bentuk sel elektrokimia (sel volta). Ketika kutub posittif dan negatif baterai di hubungkan, potensi listrik kedua kutub akan menyebabkan arus listrik mengalir.

    3.Relay starter ini fungsinya sebagai jembatan penghubung antara kontak, aki dan dinamo starter di motor,”

    4.starter berfungsi untuk memutarkan fly wheel (poros engkol) pertama kali sehingga mesin dapat hidup setelah itu terjadi siklus yang akan menghasilkan tenaga. Dengan begitu, melalui penggunaan starter dapat menjadikan proses menghidupkan kendaraan lebih cepat.

    5.-Fuse atau sekering putus
    umumnya fuse starter berkisar 20 Amps saat ada listrik mengalir lebih dari 20 ampere maka fuse akan terputus. Artinya jangan langsung memgganti fuse karena gejala fuse putus bisa menunjukan bahwa ada short atau kosleting pada rangkaian starter.

    -Kabel starter terbakar
    Biasanya lokasi terbakarnya kabel itu berada pada area yang mengalami short. namun umumnya terbakarnya kabel tidak terjadi saat anda langsung memperbaiki fuse yang putus itu.

    -Baterai habis
    solusi masalah ini yakni dengan melakukan penggatian baterai atau pengisian ulang jika memungkinkan.

    -kerusakanDynamo starter
    Pergantian dengan kabel kelistrikan yang baru akan lebih baik jika kondisi kabel sudah banyak ditemukan terluka atau rusak bahkan jika sudah banyak mengalami putus dan sambung selama perbaikan.


    -Kerusakan pada coil starterlangkah perbaikannya biasanya bisa dilakukan perbaikan oleh tukang dinamo, tapoi jika ternyata ada kerusakan yang cukup parah seperti bekas terbakar maka harus diganti.

    BalasHapus
  18. NAMA : Heri Febriansyah
    KELAS : XII - TBSM

    1.) Cara Kerja Sistem Motor Starter
    Cara kerja motor starter, dimulai ketika kita memutar kunci kontak. Saat kunci kontak berada di posisi “ON” relay utama atau main relay akan terhubung, menyebabkan arus dari baterai mengalir ke semua sistem kelistrikan mobil.

    2.) Fungsi baterai adalah menyediakan arus listrik bagi peralatan elektronik. Baterai menyimpan energi potensi listrik dalam bentuk sel elektrokimia (sel volta). Ketika kutub posittif dan negatif baterai di hubungkan, potensi listrik kedua kutub akan menyebabkan arus listrik mengalir.

    3.) berfungsi untuk mengurangi rugi tegangan yang disalurkan dari baterai ke motor starter.

    4.) starter berfungsi untuk memutarkan fly wheel (poros engkol) pertama kali sehingga mesin dapat hidup setelah itu terjadi siklus yang akan menghasilkan tenaga. Dengan begitu, melalui penggunaan starter dapat menjadikan proses menghidupkan kendaraan lebih cepat.

    5.) - kabel masa kendor
    - Sekring terputus
    - Periksa kabel stater apakah
    ada yg kendor atau tidak
    - Lihat sekring apakah terputus
    atau tidak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TBSM

 Silahkan kalian kirim laporan observasi mengenai tugas terstruktur yg berkelompok kemarin yg sudah kalian buat by email kebonjeruksmk@gmail.com dengan format nama , kelas , jurusan 

MATERI PJJ TDO

  Proses Mesin Konversi Energi Lancang Kuning   -  Pada umumnya pengertian dari mesin konversi energi adalah suatu pesawat yang dapat menghasilkan suatu gerak atau kerja. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa mesin konversi energi adalah suatu pesawat yang dapat berfungsi untuk mengonversikan dan mengubah suatu energi menjadi energi lain. Sehingga menghasilkan suatu usaha ataupun kerja yang dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Prinsip kerja dari mesin ini dengan menggunakan tekanan gas yang dihasilkan dari pembakaran serta udara dan akan menghasilkan sebuah gaya dorong yang dapat membuat suatu batang torak bisa bergerak. Dari gerakan torak tersebut yang kemudian akan menghasilkan perputaran pada poros engkol. Mesin konversi energi yang ada pada mesin diesel ini, pada dasarnya memiliki bahan bakar berupa solar, sedangkan pada mesin otto bahan bakarnya berbeda dari mesin diesel, biasanya menggunakan bahan bakar bensin. Dalam proses pembakarannya mesin diesel ...

Materi Pjj 3.2 Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Bengkel ( PBSM)

 Jakarta - Berbicara mengenai bisnis adalah berbicara tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis berjalan dengan baik, mulai ide bisnis itu sendiri, dalam bidang apakah berbisnis akan dijalankan hingga ke penentuan lokasi usaha strategis yang akan dipilih. Banyak bisnis yang dijalankan oleh orang-orang yang belum memiliki pemahanan dan pengalaman tentang bisnis yang mereka jalankan. Padahal kegagalan berbisnis sangat ditentukan oleh pihak yang mengelola bisnis tersebut. Beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan bisnis di antaranya: 1. Mental Kegagalan bisnis sering terjadi ketika perusahaan mendapatkan masalah dan pengelola perusahaan memiliki mental rendah sehingga mereka hanya pasrah menghadapi masalah tersebut. Seharusnya walaupun perusahaan mengalami kemunduran semua pengelola harus memiliki mental yang kuat agar tetap bisa berpikir positif dalam menghadapi masalah tersebut. 2. Pengetahuan bisnis sendiri Sebelum Anda m...